Selasa, 16 Oktober 2018
Limit News > Bekasi > Hera: Hari Raya Waisak Mengandung Tiga Peristiwa Suci
Posted By: limitnews, 3:58 am, Mei 29, 2018

Hera: Hari Raya Waisak Mengandung Tiga Peristiwa Suci

Share

limitnews.net

Ketua DPD PSI Kota Bekasi, Tanti Herawati. Foto Oloan Siahaan

BEKASI – Ketua DPD PSI Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Tanti Herawati mengucapkan selamat Hari Raya Waisak, Selasa, 29 Mei 2018 kepada seluruh umat Buddha yang merayakan.

“Selamat Hari Raya Waisak. Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta. Semoga semua mahkluk berbahagia. Semoga hari raya ini memberi inspirasi bagi kita semua untuk mengupayakan kedamaian, ketenteraman dan kesejahteraan di negeri yang kaya raya ini, dan memiliki banyak kebinekaan,” kata Hera, sapaan Tanti Herawati kepada limitnews.net, Selasa (29/5/2018).

Menurut Hera, bagi umat Buddha, Hari Raya Waisak mengandung tiga peristiwa suci, lahirnya Sidharta Gautama penemu dan pencetus agama Buddha, tercapainya Sidharta Gautama dalam tahap penerangan Agung dan menjadi Buddha, dan hari dimana Buddha Gautama wafat.

Sang Buddha, kata Hera, telah mewariskan banyak ajaran luhur dan praktik-praktik kebajikan, yang kemudian menyebar ke berbagai wilayah, termasuk di Nusantara ini.

“Agama Budha telah menjadi bagian penting dari kehidupan nenek moyang kita di masa lalu. Banyak karya sastra yang dihasilkan oleh para pujangga, salah satunya yang termahsyur adalah Kakawin Sutasoma,” ujar Hera.

Kakawin Sutasoma digubah oleh Mpu Tantular pada abad ke-14, di masa Kerajaan Majapahit, pada era Raja Hayamwuruk. Sang pujangga menceritakan kehidupan harmoni antara pemeluk agama Hindhu-Siwa dan agama Buddha pada masa itu.

“Kutipan terkenal dari Kakawin Sutasoma adalah Bhinneka Tunggal Ika, yang oleh para pendiri bangsa, dijadikan motto bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Hera mengakhiri. (Olo)

Share
Bagikan:
Share

Berita Terkait lainya

Komentar Pembaca

Leave a Reply

Berikan komentar

Notifikasi

wpDiscuz