Minggu, 19 Mei 2019

limitnews.net

Limit News > Bekasi > Turut Berduka Cita, PSI Kota Bekasi: Anggota KPPS Para Pahlawan Pemilu
Posted By: limitnews, 4:36 PM, 22 April 2019

Turut Berduka Cita, PSI Kota Bekasi: Anggota KPPS Para Pahlawan Pemilu

Share

limitnews.net

DPD PSI Kota Bekasi doa bersama pada satu acara PSI Kota Bekasi. Foto Istimewa

BEKASI – Tercatat setidaknya 91 orang petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia dalam menjalankan tugas mulia pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019.

“Kami DPD PSI Kota Bekasi turut berduka cita sedalam-dalamnya atas meninggalnya anggota KPPS di berbagai wilayah di Indonesia dalam menjalankan tugas mulia mereka pada Pemilu 2019. Mereka sangat layak disebut sebagai para pahlawan Pemilu,” kata Ketua DPD PSI Kota Bekasi Tanti Hera Wati kepada limitnews.net, Senin (22/4/2019) malam.

Untuk itu, wanita yang akrap disapa Hera itu berharap, KPU RI memikirkan secara matang untuk tekhnis ke depannya terkait penyelenggaraan Pemilu agar tidak terjadi lagi kejadian seperti Pemilu 2019.

Menurut Hera, mereka para pahlawan Pemilu yang telah mengorbankan tenaga, waktu dan pikirannya demi terwujudnya pesta demokrasi yang aman dan damai.

“Saya ucapkan rasa bela sungkawa yang sebesar-besarnya kepada anggota KPPS yang telah berpulang lebih dahulu menghadap Sang Khalik. Semoga amal ibadah beliau di terima Tuhan Yang Maha Kuasa, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, ketabahan serta keikhlasan. Amin Amin Ya Robbal Allamin,” kata Hera.

91 Petugas KPPS Meninggal Dunia

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan, petugas KPPS yang meninggal dunia saat menjalankan tugas dalam Pemilu 2019 sebanyak 91 orang yang tersebar di 19 provinsi se-Indonesia.

“Jumlah update terakhir petugas penyelenggara pemilu yang tertimpa musibah itu sebanyak 91 orang meninggal dunia, kemudian 374 orang sakit, sakit ini bervariasi ya,” kata Ketua KPU RI Arief Budiman di Gedung KPU RI, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Arief mengatakan santunan untuk keluarga petugas KPPS telah dibahas secara internal dengan memperhitungkan berbagai macam regulasi terkait asuransi BPJS serta masukan yang diterima KPU. Selasa 23 April 2019, KPU RI berencana melakukan pertemuan dengan Kementerian Keuangan.

Terkait besaran, KPU RI mengusulkan besaran santunan untuk anggota KPPS yang meninggal dunia sekitar Rp30-36 juta, sementara yang sakit hingga cacat maksimal Rp30 juta. Selanjutnya untuk luka, besaran santunan yang diusulkan maksimal Rp16 juta.

“Jadi ini akan dibahas bersama Kemenkeu termasuk mekanisme pemberiannya dan penyediaan anggarannya karena kan anggaran KPU tidak ada yang berbunyi nomenklaturnya santunan,” tutur Arief Budiman. (Vid)

 

Share
Bagikan:
Share

Berita Terkait lainya

Komentar Pembaca

Leave a Reply

Berikan komentar

Notifikasi

wpDiscuz