Rabu, 13 Desember 2017

DPD PSI Kota Bekasi NATAL

Limit News > Bekasi > Wali Kota Proyeksikan APBD Bekasi 2018 Rp 6 Triliun
Posted By: limitnews, 3:19 pm, November 28, 2017

Wali Kota Proyeksikan APBD Bekasi 2018 Rp 6 Triliun

Share

Pepen

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi/IST

BEKASI – Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi memproyeksikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 di wilayah setempat mencapai Rp 6 triliun lebih.

“Jumlah itu meningkat dari 2017 sekitar Rp 5,4 triliun menjadi Rp 6 triliun lebih tahun depan,” kata Pepen sapaan akrab Rahmat Effendi di Bekasi, Selasa (28/11).

Kata Pepen, gambaran umum APBD 2018 Kota Bekasi dari segi pendapatan daerah sebesar Rp 5 triliun dengan kebutuhan belanja daerah sebesar Rp 5,8 triliun.

Dalam proyeksi tersebut terjadi defisit anggaran sekitar Rp 800 miliar, namun kebutuhan itu dapat ditutupi dengan sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) 2017 yang mencapai Rp 800 miliar.

“Namun kalau saya lihat, APBD 2018 akan tembus hiingga angka Rp 6 triliun lebih berdasarkan proyeksi pendapatan dari sejumlah sektor yang ditentukan,” ujarnya.

Pepen mengatakan, alokasi belanja daerah pada 2018 terdiri atas belanja langsung pembangunan sebesar Rp 3,3 triliun lebih dan belanja tidak langsung atau belanja pegawai sebesar Rp 2,4 triliun lebih.

Pembiayaan APBD 2018 akan terfokus pada empat skala prioritas pembangunan, yakni penanganan kemacetan lalu lintas dengan program prioritas pembangunan jalan dan jembatan.

Prioritas berikutnya adalah penanganan kawasan pemukiman, peningkatan taraf kesehatan masyarakat melalui program pelayanan dasar kesehatan termasuk program Kartu Sehat Berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan terakhir peningkatan kualitas pendidikan dasar.

“Secepatnya, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) agar mempersiapkan dokumen yang diperlukan bersamaan dengan progres evaluasi APBD 2018 oleh Gubernur Jawa Barat dan APBD bisa terlaksana,” katanya.

Pemerintah Kota Bekasi dan DPRD Kota Bekasi sebelumnya telah menyepakati Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD 2018 melalui rapat paripurna DPRD, Senin (27/11) di Kantor DPRD Kota Bekasi Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur.

Kesepakatan Raperda APBD 2018 ditandai penandatanganan berita acara persetujuan bersama oleh Ketua DPRD Kota Bekasi Tumai beserta Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu beserta jajarannya.

Selain menyepakati Raperda APBD 2018, juga dilakukan penetapan rancangan program peraturan daerah yang akan di bahas DPRD Kota Bekasi pada 2018. (SS)

Share
Bagikan:
Share

Berita Terkait lainya

Komentar Pembaca

Leave a Reply

Berikan komentar

Notifikasi

wpDiscuz