Sabtu, 20 Juli 2019

limitnews.net

Limit News > Jakarta > Djarot Gubernur DKI dengan Masa Jabatan Terpendek
Posted By: limitnews, 4:51 AM, 15 Juni 2017

Djarot Gubernur DKI dengan Masa Jabatan Terpendek

Share

JAKARTA – Djarot Saiful Hidayat dipastikan menjadi Gubernur dengan masa jabatan terpendek yang hanya empat bulan setelah resmi dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta, Kamis (15/6).

Pasalnya, Djarot hanya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sampai Oktober 2017. Dengan kata lain, dia hanya akan menjabat selama empat bulan. Periode masa jabatan ini adalah yang terpendek, tak pernah sebelumnya ada Gubernur DKI yang menjabat sesingkat ini.

Bila menilik ke belakang, ada dua Gubernur DKI Jakarta yang punya masa jabatan relatif singkat. Namun sesingkat-singkatnya masa jabatan mereka, tak ada yang lebih singkat dari empat bulan.

Gubernur DKI Hendrik Hermanus Joel Ngantung alias Henk Ngantung, menjabat selama 11 bulan saja. Dia menjabat dari 26 Agustus 1964. Pria asal Manado yang pernah menjadi anggota Lembaga Kesenian Rakyat (Lekra) Partai Komunis Indonesia itu menjabat sampai 15 Juli 1965.

Gubernur berselera artistik itu digantikan oleh Soemarno Sosroatmodjo. Masa jabatan Soemarno juga singkat saja, dari 15 Juli 1965 sampai 28 April 1966, alias sembilan bulan saja.

Pada Oktober 2017, Anies Baswedan akan dilantik menjadi gubernur DKI Jakarta menggantikan Djarot. Anies bersama pasangannya, Sandiaga Uno sudah terpilih pada Pilgub DKI 2017. (SS)

Share
Bagikan:
Share

Berita Terkait lainya

Komentar Pembaca

Leave a Reply

Berikan komentar

Notifikasi

wpDiscuz