Jumat, 26 April 2019

limitnews.net

Limit News > Jakarta > Ketua DPW PSI DKI Jakarta: Saracen Sudah Ada Sejak Pilkada DKI
Posted By: limitnews, 2:26 PM, 27 Agustus 2017

Ketua DPW PSI DKI Jakarta: Saracen Sudah Ada Sejak Pilkada DKI

Share

JAKARTA – Ketua DPW PSI DKI Jakarta, Michael Victor Sianipar mengatakan, kegiatan yang dijalankan Kelompok Saracen itu sebenarnya sudah ada sejak Pilkada DKI Jakarta berlangsung.

“Sudah jadi rahasia umum kalau banyak ‘buzzer-buzzer’ atau mungkin orang-orang yang menggunakan akun duplikat, bermain menaikkan isu dan mengangkat SARA. Itu sebenarnya jujur saja terjadi di Pilkada Jakarta,” kata Michael saat dihubungi, Minggu (27/8).

“Jadi kami dukung langkah tegas kepolisian untuk mengungkap jaringan seperti ini karena merusak demokrasi,” tambah dia.

Sindikat Saracen, dikatakan polisi, telah menjalankan bisnis ujaran kebencian melalui berbagai akun media sosial dan laman di dunia maya sejak November 2015, termasuk di dalamnya menyebar hoax pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta.

Para anggota Saracen disebut mahir membuat akun palsu, anonim, semianonim, hingga riil, serta bisa memulihkan akun-akun yang yang sudah diblokir, dengan cara kerja yang terorganisasi.

Mereka menawarkan jasa seharga Rp75 juta hingga Rp100 juta dengan mengajukan semacam proposal “paket menyebarkan berita bohong dan provokatif” ke sejumlah organisasi kemasyarakatan.

Penelusuran digital forensik yang dilakukan polisi menemukan kurang lebih 800 ribu akun dan laman yang terkait dalam sindikat grup Saracen. (SS)

Share
Bagikan:
Share

Berita Terkait lainya

Komentar Pembaca

Leave a Reply

Berikan komentar

Notifikasi

wpDiscuz