Kamis, 24 Januari 2019

limitnews.net

Limit News > Jakarta > Penggugat Ajukan Banding Atas Putusan Aneh Hakim
Posted By: limitnews, 2:53 AM, 16 November 2018

Penggugat Ajukan Banding Atas Putusan Aneh Hakim

Share

limitnews.net

Penggugat melakukan banding atas putusan hakim yang dianggap aneh. Foto Thomson

JAKARTA – Putusan hakim dianggap aneh dan janggal penggugat akhirnya menyatakan upaya hukum banding.

“Inilah perlawanan kita atas putusan hakim. Gugatan kita dikabulkan tetapi klien kita dirugikan putusan hakim itu,” kata Kuasa Hukum penggugat Suprapto dan Syarofah, Prawirawan.

Prawirawan mengatakan, sudah mendaftarkan bandingnya yang terdaftar pada Akta Permohonan banding No.188/SRT.BDG/2018/PN.JKT.PST, Jo No.641/PDT.G/2017/PN.JKT.PST, Rabu (14/11/2018).

“Kita baru mendaftarkan bandingnya saja,  memori bandingnya belum kita buat karena salinan putusan belum kita peroleh. Kita sudah menunggu salinan putusan lebih dari 10 hari sejak putusan dibacakan tanggal 1 Nopember, lalu, tetapi belum juga kita dapatkan salinan putusan itu,” ujar dia.

“Nanti kalau salinan putusan sudah kita terimah baru kita buatkan memori bandingnya. Kitakan belum tahu persis seperti apa naskah putusan itu, bisa saja berubah dari putusan yang dibacakan didalam persidangan,” sambung kata Prawirawan.

Sebelunya, putusan Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Emilia Djaja Subagja, SH, MH dianggap aneh, dan diduga melanggar hukum acara perdata. Pasalnya, ada nama “siluman” muncul pada putusan itu.

Ada nama yang dibacakan majelis pada amar putusannya padahal nama itu tidak pernah ada dan tidak pernah disebutkan pada materi gugatan. Dengan munculnya nama itu menjadi mengaburkan seluruh dikabulkannya gugatan itu. Karena dengan dicantumkannya nama tersebut di amar putusan maka sia-sialah dikabulkannya gugatan tersebut.

Gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) Perkara No.641/Pdt/2017/PN-Jkt-Pst a/n Suprapto (peggugat I) dan Syarofah (Penggugat II) melawan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, KCP Roxi Mas (tergugat) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Jl. Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (1/11/2018).

Hakim menyebutkan, mengabulkan gugatan penggugat tetapi barang yang menjadi obyek gugatan (sertifikat SHM) tidak dikembalikan kepada penggugat selaku pemilik sertifikat dan yang terlibat langsung dalam perikatan perjanjian pinjaman kredit dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.  

Suprapto dan Syarofah (suami istri)  pinjam uang Rp 80 dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dengan agunan SHM yang diatasnya bangunan rumah  yang menjadi tempat tinggal  Suprapto dan Syarofah sekeluarga. 

Pada perikatan perjanjian itu semua atas nama Suprapto dan Syarofah, tapi putusan hakim:

  1. Tergugat terbukti melakukan Perbuatan Melawan Hukum, 2. Tergugat diwajibkan mebayar kerugian material sebesar Rp 7 juta kepada penggugat, 3. Gugatan inmaterial penggugat tidak dikabulkan majelis, 4. Gugatan tanggung rente pembayaran keterlambatan tergugat membayar gugugatan (dwangso) dikabulkan Rp 200 ribu/hari, 5. Sertfikat dikembalikan kepada atas nama Mansyur Sja’ban.

Sertifikat dikembalikan kepada atas nama Mansyur Sja’ban itu yang menjadi masalah bagi penggugat. Dalam materi gugatan nama Mansyur Sja’ban itu tidak pernah disebutkan.  

Atas putusan itu, I Gusti Ngurah Tri Prawirawan, S.H, selaku Kuasa Hukum Penggugat menyatakan bahwa hakim itu harus independen dan wajib menggali ruhnya kasus perkasus sehingga putusan tidak menjadi bias. “Marcus Tullius Cicero serang filsuf, ahli hukum dan ahli politik mengatakan “Ubi societas ibi lus” yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan dimana ada masyarakat disitu ada hukum.

Perkembangan hukum mengikuti kebutuhan masyarakat dari waktu ke waktu guna meyesuaikan pada zamannya karena hukum hanya sekedar alat. Selain oleh legislatif, pembentukan hukum juga dilakukan oleh para hakim melalui putusan-putusan yang progresif dalam menggali, mengikuti dan memahami  nilai-nilai hukum dan rasa keadilan yang hidup dimasyarakat (judicial activism). (Thom)

Share
Bagikan:
Share

Berita Terkait lainya

Komentar Pembaca

Leave a Reply

Berikan komentar

Notifikasi

wpDiscuz