Pemkot Bekasi Launching Bekasi Kota Computer Scurity Incident Response Team







Launching Bekasi Kota Computer Scurity Incident Response Team (CSIRT) di ruang utama Command Center Pemerintah Kota Bekasi, Senin (18/9/2023). Limitnews/Humas 

09/18/2023 17:33:40

BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) melaunching Bekasi Kota Computer Scurity Incident Response Team (CSIRT) di ruang utama Command Center Pemerintah Kota Bekasi, Senin (18/9/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Bekasi Drs. Junaedi, Hasto Prastowo, S.Kom., M.M selaku Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah pada Badan Siber dan Sandi Negara, Kepala Dinas Kominfo Jawa Barat Dr. Ika Mardiah, M.Si., Kepala Dinas Kominfostandi Kota Bekasi Drs. Hudi Wijayanto, M.Si, perwakilan Diskominfo Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, para Kepala Perangkat Daerah, Camat, Lurah serta Agen BekasiKota-CSIRT yang hadir baik secara langsung maupun secara daring.

BACA JUGA: Ini Pesan Wali Kota Bekasi Tri Adhianto HUT Ke-25 Kelurahan Aren Jaya

Diawali dengan laporan dari Kadis Kominfostandi Kota Bekasi, Hudi Wijayanto terkait tahapan pembentukan BekasiKota-CSIRT. Dalam laporannya, beliau menyampaikan betapa pentingnya pembentukan CSIRT dalam mencegah dan merespon ancaman kejahatan siber sekaligus menjaga keamanan data yang dikelola oleh Pemerintah Kota Bekasi.

Kadis Kominfo Jabar juga turut menyampaikan sambutannya. Ika Mardiah menyebutkan bahwa Jawa Barat telah membentuk CSIRT sejak tahun 2015 dan melakukan pembaharuan sejak terbentuknya BSSN dan menjadi pilot project dari BSSN pada tahun 2019.

"Selamat kepada Kota Bekasi yang menjadi daerah ke-43 memiliki CSIRT, semoga dapat berjalan dengan lancar dan tentunya dapat berkolaborasi terus-menerus dengan kami," kata Ika Mardiah.

Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah BSSN, Hasto Prastowo berharap dengan terbentuknya BekasiKota CSIRT dapat membuat ruang siber Pemerintah Kota Bekasi yang aman dan kondusif sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat dan terciptanya tujuan Pemerintah Pusat yaitu mensejahterakan masyarakat di ruang siber.

BACA JUGA: Pemkot Bekasi Bangun Taman Dekat Stadion Patriot Secara Bertahap

Secara resmi, Sekda Kota Bekasi Junaedi melaunching BekasiKota-CSIRT yang didampingi langsung oleh Kadis Kominfo Jabar, Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah serta Kadis Kominfostandi Kota Bekasi dengan melakukan countdown secara simbolik BekasiKota-CSIRT. Kegiatan ditutup dengan penyerahan Surat Tanda Registrasi CSIRT dari BSSN yang diterima langsung oleh Sekda Kota Bekasi, Junaedi. (Adv/Hms)

Category: AdvertorialTags:
author
No Response

Comments are closed.