Geruduk Pemkot, Mahasiswa Desak Plt Wali Kota Bekasi Evaluasi Seluruh BUMD




Insan Gerakan Mahasiswa Bekasi menggeruduk Pemkot Bekasi, Rabu (23/2/2022). Limitnews.net/Olo Siahaan

02/23/2022 19:30:16

BEKASI – Mahasiswa dari Insan Gerakan Mahasiswa Bekasi menggeruduk kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Rabu (23/2/2022). Mahasiswa mendesak Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengevaluasi seluruh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kota bekasi. Pasalnya, diduga ada pegawai BUMD yang terlibat aktif dalam kepengurusan partai politik.

“Tujuan berdirinya BUMD itu di atur pada PP Nomor 54 Tahun 2017, Kepala Daerah harus paham berdirinya BUMD ini arahnya kemana. Jangan di lepas begitu saja sampai ada yang merugi seperti PD Migas, ada juga seperti Perumda Tirta Patriot yang belum selesai dalam masalah hutang. Maka dengan itu, PLT Wali Kota Bekasi harus melakukan evaluasi kepada seluruh BUMD terutama Direksi, Dewan Pengawas dan Tenaga Ahli," kata korlap Puji Nugraha Ridwan.

BACA JUGA: Demo Pemkot Bekasi, Mahasiswa Persoalkan Proyek Kandang Kambing Habiskan APBD Rp 2,3 Miliar

BACA JUGA: Geruduk KPK, Mahasiswa Soroti Dirut PDAM Bhagasasi Empat Periode

BACA JUGA: Plt Wali Kota Bekasi Didesak Copot Dirut PDMP Diduga Aktif Sebagai Pengurus Parpol

Menurutnya, BUMD bisa jadi Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) dan juga bisa meningkatkan perekonomian daerah. Untuk itu, kata Puji, Pemkot Bekasi harus bisa tegas memberangus pegawai BUMD yang terlibat sebagai pengurus parpol.

“Kita juga menduga adanya pegawai BUMD yang terlibat dalam kepengurusan partai politik, jadi Plt Wali Kota bekasi harus usut tuntas ini semua, copot mereka. Karena pada PP Nomor 54 Tahun 2017 pasal 78 diatur bahwa pegawai BUMD dilarang menjadi pengurus partai politik. Coba diperiksa terutama Direksi, Dewan Pengawas dan Tenaga Ahli," tegasnya.

Massa aksi akhirnya diterima oleh perwakilan Pemkot Bekasi dari Kepala Bagian Perekonomian, akan tetapi massa aksi masih tidak yakin bahwa Pemerintahan Kota Bekasi melakukan evaluasi kepada BUMD.

"Kalau sudah dievaluasi, sampai saat ini mana perbaikannya, masih begini saja. Intinya 3x24 jam kami menunggu gerakan Plt Wali Kota bekasi terkait tuntutan kami ini," tandas mahasiswa.

 

Penulis: Olo Siahaan

Category: BekasiTags:
limitnews
No Response

Comments are closed.