Jaga Keamanan dan Ketertiban, Kalapas Bekasi Hensah Kedepankan Humanisme




Kepala Lapas Kelas IIA Bekasi, Hensah (tengah, duduk) foto bersama warga binaan pemasyarakatan (WBP) pada pembukaan pelatihan keterampilan pengelasan Lapas Kelas IIA Bekasi. Limitnews.net/Olo Siahaan

08/17/2022 09:42:56

BEKASI – Selain melaksanakan standard operasional prosedur (SOP), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bekasi, Provinsi Jawa Barat (Jabar) kedepankan pendekatan humanisme dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Lapas.

“Dalam usaha untuk menjaga keamanan dan ketertiban di dalam Lapas Bekasi, hal-hal yang harus dilakukan yaitu melaksanakan SOP dengan baik, namun tidak mengesampingkan humanisme terhadap warga binaan pemasyarakatan sehingga hubungan harmonis antara petugas dan warga binaan tetap terjaga, demikian juga antar sesama warga binaan,” kata Kepala Lapas Kelas IIA Bekasi, Hensah, Selasa (16/8/2022).

BACA JUGA: Ini Syarat Berkunjung Tatap Muka ke Lapas Kelas IIA Bekasi

Selain itu, kata Hensah, untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang membahayakan para warga binaan, pihaknya juga rutin melakukan razia secara acak untuk menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan Lapas.

“Kita melakukan razia minimal seminggu dua kali terhadap barang-barang di kamar warga binaan, dan dilaksanakan secara acak agar tidak mudah bocor. Tapi kita tetap mengedepankan pendekatan humanisme,” ujar Hensah.

Remisi HUT RI

Sementara itu, Hensah menyatakan, dalam rangka HUT Ke-77 RI, sebanyak 1472 warga binaan pemasyarakat (WBP) mendapat remisi. Pemberian remisi tersebut merupakan hak bagi warga binaan yang telah memenuhi syarat-syarat yang berlaku.

“Kita berharap dengan pemberian remisi ini dapat memberikan harapan bagi warga binaan untuk terus mengubah perilaku dan berupaya memperbaiki diri, agar ketika bebas nanti dapat diterima kembali oleh masyarakat,” kata Kalapas Hensah mengakhiri.

BACA JUGA: Lapas Bekasi Bekali Warga Binaan Pelatihan Keterampilan

 

Penulis: Olo Siahaan

Category: BekasiTags:
limitnews
No Response

Comments are closed.