Jumat, 3 April 2020

limitnews.net

Limit News > Bekasi > Ketua RT04 Serahkan 22 Sertipikat Tanah PTSL Kepada Warganya
Posted By: limitnews, 3:54 AM, 9 Februari 2020

Ketua RT04 Serahkan 22 Sertipikat Tanah PTSL Kepada Warganya

Share

Ketua RT04 Serahkan 21 Sertipikat Tanah PTSL Kepada Warganya

Ketua RT04/RW15 Andono Dwi (kiri) saat menyerahkan Sertipikat Tanah PTSL kepada salah satu warga yaitu Oloan Surung Siahaan (tengah) disaksikan pegawai Kelurahan Perwira, Martono, yang mendapat mandat dari PBN Kota Bekasi (kanan). Istimewa/limitnews.net

BEKASI I LIMITNEWS.NET – Ketua RT04/RW15, Andono Dwi menyerahkan 22 Sertipikat Tanah Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada warganya RT04/RW15, Kp Bulak Perwira, Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Jumat (7/2/2020).

Penyerahan Sertipikat Tanah PTSL tersebut turut disaksikan pegawai Kelurahan Perwira, Martono, yang mendapat mandat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bekasi.  

“22 Sertipikat Tanah PTSL ini sebagai tahap pertama, selanjutnya proses administrasi yang sudah lengkap akan dibagikan pada tahap kedua,” kata Dwi kepada limitnews.net, Minggu (9/2/20202).

Salah satu warga penerima Sertipikat Tanah PTSL, Oloan Surung Siahaan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas jerih payah pihak terkait hingga warga bisa menerima Sertipikat Tanah PTSL.

“Saya ucapkan apresiasi dan terima kasih kepada RT04 Bapak Andono Dwi beserta jajarannya yang bersentuhan langsung dengan warganya hingga warga memiliki Sertipikat PTSL yang tentunya sudah sangat dinanti-nanti oleh warga. Terima kasih juga kepada Panitia PTSL dan pihak lainnya,” kata Oloan usai menerima Sertipikat Tanah PTSL.

Seperti diketahui, PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, Pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat: sandang, pangan, dan papan. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018.

PTSL yang populer dengan istilah sertipikasi tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban Pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.

Selain itu nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertipkat dapat menjadikan  sertipikat tesebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya. (Ara)

Share
Bagikan:
Share

Berita Terkait lainya

Komentar Pembaca

Leave a Reply

Berikan komentar

Notifikasi

wpDiscuz