MSPI Pertanyakan Kinerja Polres Metro Bekasi Kota Terkait Dugaan Pungli Sertipikat PTSL

Surat Polres Metro Bekasi Kota untuk menyelidiki dugaan pungli PTSL di Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi. Limitnews.net/Olo Siahaan

BEKASI – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Monitoring Saber Pungli Indonesia (MSPI) mempertanyakan kinerja Polres Metro Bekasi Kota dalam menyelidiki dugaan pungli penerbitan sertipikat tanah gratis program Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bernama Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

MSPI secara resmi menyurati Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Aloysius Suprijadi pada 22 Juni 2021 yang isinya mempertanyakan penyelidikan dugaan pungli PTSL tersebut. Ada tiga pertanyaan yang ditujukan kepada Kapolres Kombes Pol Aloysius Suprijadi.

“Kita pertanyakan sudah sejauh mana hasil penyelidikan tersebut. Apakah penyidik sudah menetapkan tersangka? Kalau sudah ada, berapa orang dan atas nama siapa dan dari pihak mana saja? Jikalau belum ada tersangkanya, apa yang menjadi kendalanya?,” kata Direktur Hubungan Antar Lembaga MSPI, Thomson Gultom saat dikonfirmasi limitnews.net, Selasa (6/7/2021).

BACA JUGA: Dugaan Pungli PTSL, Berawal dari RW 007, Inspektorat Hingga Polres Metro Bekasi Kota

BACA JUGA: Polres Metro Bekasi Kota Selidiki Dugaan Pungli PTSL di Kelurahan Perwira

BACA JUGA: Selain Pungli, Oknum Pegawai ATR/BPN Kota Bekasi Diduga Terlibat Penghapusan Stempel BPHTB Terhutang Secara Ilegal

Penyidik AKP Supriyanto saat dikonfirmasi tanggapannya terkait surat MSPI mengatakan, bahwa pihaknya masih mempelajari surat MSPI.

“Masih dipelajari sama anggota Tipikor,” kata AKP Supriyanto kepada limitnews.net, Selasa (6/7/2021).

Saat ditanya, apakah penyidik sudah ada menetapkan tersangka dugaan pungli sertipikat PTSL, AKP Supriyanto mengatakan belum ada tersangka.

“Belum,” singkat AKP Supriyanto.

Kronolis Dugaan Pungli

Kronologis dugaan pungli serpikat tanah PTSL bermula adanya laporan warga di salah satu Rukun Warga (RW) di Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara praktik pungli sertipikat PTSL kepada Inspektorat Kota Bekasi melalui laporan online atau daring.

“Benar, laporan masyarakat kita terima melalui daring. Dan kita terjun ke lokasi melakukan wawancara kepada warga secara acak,” kata pihak Inspektorat kepada limitnews.net, belum lama ini.

Selain Inspektorat, dugaan PTSL juga telah diselidiki oleh Polres Metro Bekasi Kota melalui Surat Nomor: Biasa/1828/III/2021/Restro Bks Kota yang diterbitkan pada 17 Maret 2021 dan ditanda tangani oleh Wakasat Komisari Polisi (Kompol) Arif Budiyanto.

Informasi yang dihimpun limitnews.net, pengurus RT, pengurus RW, Ketua Pokmas PTSL Kelurahan Perwira sudah diperiksa oleh Penyidik Polres Metro Bekasi Kota terkait dugaan pungli tersebut.

 

Penulis: Olo Siahaan

Share
Category: BekasiTags:

limitnews
No Response

Comments are closed.