Oknum DPM PTSP Kota Bekasi Diduga ‘Kantongi’ Anggaran Pengadaan Papan Proyek IMB

limitnews.net

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Bekasi. Limitnews.net/Olo Siahaan

BEKASI – Oknum Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Bekasi diduga ‘kantongi’ anggaran pengadaan plang/papan proyek Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pasalnya, temuan limitnews.net di lapangan pihak yang membangun mengakui bahwa mereka sudah mengurus semua perizinan ke Pemerintah Kota (Pemkot)  Bekasi dalam hal ini DPM PTSP, meski tidak memasang plang/papan proyek pada bangunan mereka.

Usut punya usut, informasi yang diperoleh limitnews.net, biaya IMB sudah termasuk biaya pengadaan plang/papan proyek IMB yang seharusnya diterima pemohon IMB dari DPM PTSP Kota Bekasi. Di sini lah letak permasalahannya, pemohon IMB memang menerima IMB secara resmi dan sah tertulis dari DPM PTSP, tetapi Dinas tersebut tidak menyerahkan plang/papan proyek IMB, sehingga sangat banyak ditemui di Kota Bekasi pelaksanaan pembangunan tidak memasang plang/papan proyek IMB terkhusus di Kecamatan Bekasi Utara.

BACA JUGA: Meski Tanpa Papan IMB, Pembangunan Ruko dan Cluster di PHR Commercial Loft Terus Berlangsung

BACA JUGA: Pembangunan Ruko dan Cluster di PHR Diduga Langgar Perda dan Perwal Kota Bekasi

Oknum DPM PTSP Kota Bekasi patut diduga melakukan dua pelanggaran yaitu ‘mengantongi’ anggaran plang/papan proyek IMB juga melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Bekasi Nomor 04 Tahun 2017 dan Peraturan Wali (Perwal) Kota Bekasi Nomor 22 Tahun 2018.

Informasi yang dihimpun limitnews.net, oknum DPM PTSP tersebut disebut-sebut masih bersaudara kandung dengan salah satu pejabat di Kota Bekasi.

limitnews.net

Pembangunan Ruko di kawasan Prima Harapan Refency (PHR) Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat tanpa papan/plang proyek. Limitnews.net/Olo Siahaan

Ironisnya, hingga berita ini dipulikasikan, Kamis (5/8/2021), DPM PTSP Kota Bekasi tidak memberikan jawaban baik dikonfirmasi secara langsung maupun melalui surat.

Sebelumnya diberitakan, Koordinator Keamanan Perumahan Prima Harapan Regency Driyanto saat dikonfirmasi limitnews.net, Rabu (30/6/2021) mengatakan, semua pembangunan di kawasan PHR telah memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Semua bangunan di sini telah memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Silakan saja cek ke Pemda, Dinas atau lainnya. Semua sesuai aturan dan peraturan termasuk Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosialnya,” kata Driyanto di Kantor Pemasaran PHR.

limitnews.net

Proses pembangunan di Jalan Lingkar Luar Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara tanpa plang/papan proyek IMB. Limitnews.net/Olo Siahaan

Selain di PHR, di Jalan Lingkar Luar Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara persis di samping kampus BSI juga tengah berlangsung pembangunan yang tidak memasang papan proyek sehingga menimbulkan tanya bagi masyarakat.

“Gak tau bang mau bangun apa, ada yang bilang Mall ada juga yang bilang Rumah Sakit,” kata pria sehari-hari berdagang di pinggir jalan tersebut.

 

Penulis: Olo Siahaan

Category: BekasiTags:

limitnews
No Response

Comments are closed.