Pemkot Bekasi dan BUMD Nihil Pegawai dari Kaum Disabilitas

Posted by : limitnew 27 Desember 2023 Tags : NPCI Kota Bekasi
Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhamad saat menyampaikan sambutan. Limitnews/Olo

BEKASI – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) nihil mempekerjakan penyandang Disabilitas. Hal ini diakui Ketua National Paralympic Comite Indonesia (NPCI) Kota Bekasi Toni Budi Santoso saat menjadi pembicara ‘Ngobras’ Ngobrol Santai dengan Tema: Sudah kah Kota Bekasi Ramah Kaum Disabilitas, yang digagas oleh Ikatan Wartawan Online (IWO), Rabu (27/12/2023).

Padahal sesuai Undang-Undang (UU) Penyandang Disabilitas No. 8 tahun 2016 pada Pasal 53 ayat (1) disebutkan, Pemerintah, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) wajib mempekerjakan paling sedikit 2% Penyandang Disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja.

“Sampai saat ini, aparatur sipil negara (ASN) di Pemkot Bekasi maupun di BUMD belum ada yang mempekerjakan penyandang kaum disabiltas,” kata Ketua NPCI Kota Bekasi, Toni Budi Santoso.

BACA JUGA: KPA Kota Bekasi Rapat Koordinasi Komponen Pentahelix Bergerak Bersama Akhiri AIDS 2030

Menurut Toni, atlet-atlet Disabilitas Kota Bekasi yang berprestasi baik di tingkat Nasional maupun Internasional sama sekali tidak merasakan nikmatnya sebagai pegawai ASN maupun pegawai BUMD.

“Padahal mereka sudah mengibarkan bendera merah putih di level Internasional dan juga membesarkan nama Kota Bekasi,” ujar Toni.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhamad mengakui, masih banyak kekurangan terkait pembangunan ramah Disabilitas tersebut.

“Maka dari itu hari ini saya datang untuk berdiskusi terkait apa saja yang dibutuhkan oleh kaum Disabilitas. Kita begitu gampang membuat membuat peraturan atau Perda tentang Disabilitas tapi kita tidak menegakkan atau menjalankan Perda tersebut,” kata Raden Gani Muhamad.

Untuk itu, Pj Wali Kota Bekasi mengapresiasi diskusi yang digagas IWO terlebih mengambil isu-isu yang sangat penting khususnya Disabilitas.

“Diskusi ini untuk saling mengingatkan kita dan perlu terus diangkat agar mendapat perhatian dari Pemerintah untuk kesamaan pandangan dan komitmen peduli Disabilitas. Jangan sampai regulasi ada tapi tindak lanjut regulasi tidak ada,” kata Pj Wali Kota.

Selain itu, kata Pj Wali Kota, bahwa Kota Bekasi masih butuh pembenahan kembali terkait infrastruktur ramah Disabilitas. Maka dari itu, dirinya yang baru menjabat 3 bulan lebih menjadi Pj Wali Kota Bekasi terus berupaya untuk menjadikan Kota Patriot ini ramah Disabilitas.

“Harus optimis Kota Bekasi ramah Disabilitas terpenuhi, maka dari itu saya kesini untuk menjaring kebutuhan apa saja yang menjadi prioritas kaum Disabilitas,” ucap Raden Gani Muhamad mengakhiri.

BACA JUGA: Ketua KPU RI: Roy Suryo Memang Tukang Fitnah

Selain Ketua NPCI Kota Bekasi dan Pj Wali Kota Bekasi, acara tersebut juga dihadiri Kadinsos Alexander Zulkarnain, Anggota DPRD Kota Bekasi Evi Mafriningsianti, penggiat UMKM Untuk Kaum Disabilitas Ibu Supeni dan LSM Sapu Lidi Teuku Imam Qobul.

Acara tersebut juga dimoderatori oleh Reporter Senior Danny Wahab dan dihadiri puluhan wartawan di Kota Bekasi.

 

 

Penulis: Olo

RELATED POSTS
FOLLOW US