Pertama Kali, Ketua DPRD Kota Bekasi Terima Kunjungan Ombudsman RI

limitnews.net

Ketua DPRD Kota Bekasi Chairuman J. Putro memberikan penghargaan kepada anggota Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya, Hery Susanto, Selasa (1/8/2021). Limitnews.net/Istimewa

BEKASI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi untuk pertama kali menerima kunjungan resmi lembaga Ombudsman RI, Rabu (1/9/2021). Demikian disampaikan Ketua DPRD Kota Bekasi Chairuman J. Putro saat menerima kunjungan Ombudsman RI.

Kunjungan Ombudsman RI sendiri ke DPRD Kota Bekasi dilakukan sebagai tugas pokok dan fungsi lembaga tersebut dalam mengawasi penyelenggaraan Pelayanan Publik yang diselenggarakan Pemerintah baik Pusat maupun daerah.

Kedatangan Ombudsman diterima Ketua DPRD Kota Bekasi, Chairuman J. Putro bersama seluruh jajaran DPRD di aula DPRD Kota Bekasi.

"Ini sebenarnya baru pertama kali Lembaga Ombudsman Republik Indonesia berkunjung ke Kantor DPRD Kota Bekasi. Dalam hal ini Ombudsman adalah lembaga yang mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik," kata Chairuman J. Putro.

Sementara itu, anggota Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya sekaligus Pengampu Jakarta Raya, Hery Susanto mengatakan pasca dirinya dilantik, Senin (22/2/2021), melakukan kunjungan merupakan bagian partisipasi publik.

"Sebelumnya kami sudah datang ke Walikota Bekasi, Rahmat Effendi dan saat ini berkunjung ke DPRD Kota Bekasi yang di pimpin Chairuman J. Putro. Hal ini dikarenakan DPRD adalah representasi dari rakyat, tentu saja dengan silaturahim dan membangun kerja sama dalam konteks pencegahan maladministrasi, agar tata kelola publik khususnya di Kota Bekasi menjadi lebih baik," kata Hery Susanto.

Hery Susanto berharap DPRD Kota Bekasi terus lakukan pengawasan dan memiliki hak legislasi dan Ombudsman hanya memiliki hak pengawasan.

"DPRD Kota Bekasi kan mempunyai hak pengawasan dan hak legislasi, akan tetapi kami pun punya hak pengawasan dan juga bisa memberikan saran untuk perbaikan dalam Peraturan Daerah," ujar dia.

Selain itu harap Hery, agar DPRD Kota Bekasi terus berkesinambungan kepada Lembaga Republik Indonesia Ombudsman dalam hal penyampaian aspirasi.

Sebelum ke DPRD, Ombudsman RI telah melakukan pertemuan dengan Walikota Bekasi Rahmat Effendi dan jajaran dalam rangka koordinasi, kerjasama dan membangun jaringan kerja guna pencegahan maladministrasi pada lingkup Pemerintahan Kota Bekasi pada Rabu (1/9/2021) di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi. (Adv)

 

Penulis: Olo Siahaan

Share
Category: BekasiTags:

limitnews
No Response

Comments are closed.