PMII Demo Segel Kantor KPUD Kota Bekasi Terkait Kasus Pemotongan Honor Pantarlih

PMII Kota Bekasi mendemo serta menyegel kantor KPUD Kota Bekasi, Selasa (16/5/2023). Limitnews/Olo

05/16/2023 15:51:44

BEKASI – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kota Bekasi menggelar aksi demo di depan gedung Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bekasi, Selasa (16/5/2023). Aksi demo PMII terkait dugaan oknum KPUD terbukti melakukan pelanggaran kode etik, melakukan pemotongan honor Pantarlih.

Rahbar selaku Korlap Aksi menyampaikan, sudah jelas berdasarkan Keputusan KPU RI nomor 472 tahun 2022 tertulis, bahwa atas jasanya turun kelapangan, petugas Pantarlih akan mendapatkan honor 1 juta rupiah.

“Namun fakta di lapangan salah satu petugas Pantarlih dipotong honornya sebesar Rp 50.000. PMII Cabang Kota Bekasi melaporkan dugaan pungli honor Pantarlih kepada KPUD Kota Bekasi dan dilanjutkan melaporkan tersebut kepada pihak kepolisian,” tegas Rahbar.

BERITA TERKAIT: PMII Menduga Anak Pejabat Pemkot Bekasi Terlibat Pemotongan Honor Pantarlih

Ketua PMII Cabang Kota Bekasi, Yusril Nama Gelar dalam orasinya menyampaikan, seharusnya KPU memberikan sanksi pemberhentian secara tidak hormat karena terbukti melakukan pelanggaran kode etik dan perencanaan jahat pemotongan honor Pantarilh melalui chat group Whatsapp (WA) Ketua PPS se-Kecamatan Medan Satria.

“Pada aksi demi ini, kami juga menyerahkan bukti berupa screenshot chat group Whatsapp yang berisikan percakapan oknum PPS se-kecamatan Medan Satria serta memperdengarkan suara rekaman atau voicenote percakapan dari group Whatsapp,” ujar Ketua PMII Kota Bekasi, Yusril.

Pada aksi tersebut, massa aksi kemudian menyegel gedung KPUD Kota Bekasi sebagai rasa kekecewaan mahasiswa dengan keputusan yang di keluarkan oleh KPUD Kota Bekasi.

Berikut Tuntutan PMII Kota Bekasi:

1.Mendesak KPUD Kota Bekasi memecat oknum PPS yang diduga melakukan pemotongan honor Pantarlih, sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

2.Mendesak Ketua KPUD Kota Bekasi untuk mengundurkan diri, karena diduga memelihara calon- calon maling kecil (koruptor) di tubuh KPUD Kota Bekasi.

BACA JUGA: Ketua Dewan Saifuddaulah Harap IDI Kota Bekasi Profesional dan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat

3.Mendorong Polres Metro Bekasi Kota untuk melakukan pemeriksaan terhadap seluruh PPS se- Kecamatan Medan Satria dan Komisioner KPUD Kota Bekasi, karena diduga melakukan persekongkolan jahat dalam pemotongan honor Pantarlih sesuai dengan laporan kepada Polres Metro Bekasi Kota.

4.Mendorong DKPP untuk melakukan pemeriksaan terhadap seluruh Komisioner KPUD Kota Bekasi, berdasarkan laporan kepada DKPP.

5.PMII akan melakukan aksi di kantor Polres Metro Bekasi Kota dan DKPP apabila laporan tidak diindahkan sesuai amanah peraturan perundang-undangan serta serta turunannya yang berlaku.

 

 

 

 

Penulis: Olo

RELATED POSTS
FOLLOW US