Kamis, 19 September 2019

limitnews.net

Limit News > Bekasi > Politisi PSI Desak Pemkot Bekasi Segera Bayarkan Insentif RT/RW
Posted By: limitnews, 3:26 AM, 4 September 2019

Politisi PSI Desak Pemkot Bekasi Segera Bayarkan Insentif RT/RW

Share

limitnews.net

Ilustrasi honor RT/RW. Istimewa/limitnews.net

BEKASI I LIMITNEWS.NET – Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Bekasi, Oloan Surung Siahaan mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi untuk segera membayarkan insentif RT/RW se-Kota Bekasi yang sudah memasuki lima bulan belum dibayarkan.

“Prihatin tentunya dengan kondisi keuangan Kota Bekasi saat ini sehingga diduga berdampak pada tertundanya pembayaran insentif RT/RW se-Kota Bekasi,” kata Oloan kepada limitnews.net, Selasa (3/9/2019) malam, saat dimintai tanggapannya melalui WhatsApp (WA).

Namun kata Oloan, RT/RW se-Kota Bekasi tidak boleh jadi korban atau dikorbankan dari dampak keuangan Kota Bekasi yang belum stabil.

“APBD defisit, keuangan daerah tidak stabil atau apapun namanya, RT/RW jangan jadi korban atau dikorbankan karena pengurus RT/RW itu butuh operasional untuk menjalankan tugas dan fungsinya, terlebih mereka itu pemerintah terendah yang bersentuhan langsung dengan warga,” ujar eks calon legislatif (caleg) PSI itu.

Oloan menilai, insentif RT/RW bukan besar atau kecil nominalnya. “Ini terkait hak dan kewajiban,  kestabilan pemerintahan dan kestabilan pelayanan publik karena saat ini RT/RW sudah sangat resah,” kata dia.

Sebagai informasi, jumlah RT di Kota Bekasi mencapai 6.724, sedangkan jumlah RW sebanyak 1.333. Setiap RT mendapat dana insentif senilai Rp 1,2 juta, sedangkan RW mendapat atas dana insentif sebesar Rp 1,5 juta.

Sebelumnya, Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), selaku Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Reny Hendrawati mengatakan, TAPD memutuskan melakukan efesiensi pemberian insentif kemasyarakatan tersebut untuk menyeimbangkan kondisi keuangan.

“Hingga Maret 2019 honorarium, sudah dicairkan,” kata Reny Hendrawati, baru-baru ini.

Menurutnya, penundaan pembayaran itu dilakukan agar terjadi keseimbangan fiskal. Hingga kini, Pemkot Bekasi telah menetapkan prioritas pembayaran insentif kemasyarakatan pada APBD Perubahan 2019.

“Sudah masuk anggaran perubahan, nanti dibayarkan semua honornya,” ujar dia. (Vid)

Share
Bagikan:
Share

Berita Terkait lainya

Komentar Pembaca

Leave a Reply

Berikan komentar

Notifikasi

wpDiscuz