Tiga Perumahan di Bekasi Utara Terendam Banjir

1009

BANJIR PUP

Banjir di Perumahan Pondok Ungu Permai, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi. Foto IST

BEKASI - Tiga perumahan warga di wilayah Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat, diterjang banjir akibat hujan deras yang berlangsung hampir sepanjang hari pada Senin (5/2).

"Dari hasil pemantauan kami, banjir terjadi di Kelurahan Kaliabang Tengah, Kecamatan Bekasi Utara. Ada tiga titik yang terpantau genangan air," kata Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Haryono, di Bekasi, Senin (5/2).

Kawasan yang dilanda banjir itu berada di Perumahan Persada Pesona, Perumahan Pondok Ungu Permai dan Perkampungan Kaliabang tengah. Menurut Haryono, banjir di Perumahan Pesona Persada tercatat berketinggian sekitar 1 meter di RW 11 yang di dalamnya terdapat 15 RT.

"Kejadian ini baru yang pertama terjadi di pemukiman ini. Karena selama ini wilayah Persada Pesona tidak dianggap sebagai daerah rawan banjir," ujarnya.

Banjir di Pondok Ungu Permai tercatat berketinggian 30 centimeter di tiga RW yakni RW08, RW09, dan RW11. Banjir di Perkampungan Kaliabang Tengah dengan ketinggian air 30 centimeter. "Penyebabnya banyak saluran air yang tersumbat karena sampah," kata dia.

Sejauh ini, kata Haryono, debit air yang merendam perumahan di wilayah utara Kota Bekasi itu sudah mulai menyusut sejak sore hari.

"Saat ini ketinggian air di Perumahan Persada Pesona sudah di bawah 1 meter. Meski menyusut kami sudah awasi dengan menerjunkan petugas ke area lapangan," ujarnya.

Dikatakan Haryono, wilayah selatan seperti Komplek dosen IKIP dan Perumahan Pondokgede Permai, (PGP) masih relatif aman. "Karena memang sudah banyak kolam retensi yang dibangun di wilayah itu," kata dia.

Haryono mengatakan, saat ini kecemasan tim hanya pada posisi tanggul yang ada di sepanjang aliran Kali Bekasi karena rawan jebol akibat luapan air sungai.

"Derasnya air dari Sungai Ciluengsi dan Sungai Cikeas dikhawatirkan bisa menjebol ketahanan tanggul Kali Bekasi. Kalau tanggul tersebut jebol, banjir bisa meluas ke wilayah selatan," ujarnya. (OLO)

Share
Category: BekasiTags:

limitnews
No Response

Comments are closed.