Desa Cileungsi Gelar Musrenbangdes Bahas Penyepakatan Anggaran Tahun 2023




Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di aula kantor desa. Limitnews/Jonathan

11/17/2022 10:40:49

BOGOR – Desa Cileungsi melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di aula kantor desa dalam rangka pembahasan dan Penyepakatan Anggaran Tahun 2023 untuk Desa Cileungsi.

Dalam arahannya, Camat Cileungsi Adhi Nugraha menjelaskan, Proyeksi Indonesia Tahun 2045 yaitu target Indonesia termasuk lima negara yang perekonomiannya tertinggi di dunia atau negara maju dari saat ini berada diurutan ke-7, sehingga penetapan program desa nantinya disinkronkan dengan anggaran yang terbatas dengan cara memberikan prioritas secara berjenjang.

"Jadi mohon dimengerti bahwa tidak semua program diakomodasi" jelas Adhi.

BACA JUGA: Diduga Hendak Tawuran, Polsek Cileungsi Amankan Sembilan Pelajar

Khusus Samisade, sambungnya, agar segera dibuatkan laporan pertanggungjawaban secara seimbang, dan dapat diusulkan lagi sehingga dapat penuh diperolehnya dan dana desa digunakan pada penguatan program didukung BUMDes.

Musrenbangdes segera dibuat agar pada bulan Januari 2023 dapat dimasukkan ke dalam Daftar Usulan Tingkat Kecamatan 2024 dan untuk direalisasikan pada tahun 2024.

Program yang terdapat di RPMJDes, RKPDes dan APBDes, bisa dilakukan perubahan dengan catatan ada regulasi diatasnya dan atau ada kejadian luar biasa, dengan musyawarah.

BACA JUGA: Oknum Pegawai Diduga Bermain Dana BLT, GMNI Demo Bank BJB Cabang Bekasi

Sementara itu, Pendamping Desa dari Kementerian Rahman mengatakan, ada kendala mendasar dari penyusunan program adalah masalah pendataan warga yang masih belum akurat.

"Kendala dilapangan adalah tidak adanya dukungan operasional kepada RT-RW, dan ke depan agar bisa dianggarkan," jelasnya.

Selain Camat Cileungsi, beberapa pejabat lainnya turut hadir dalam Musrenbangdes, diantaranya Kades Cileungsi Beni Sopian, Ketua BPD Asep Kostiana, Ketua DPMD H. Nanang,  Sekdes Supendi, Para Kepala Desa, Bhabinsa Serma T. Pardede, Bhabinkabtibmas Aiptu Mulyanto, Pendamping Desa, Para Kadus, RW-RT, dan unsur-unsur Desa dan masyarakat.

 

 

Penulis: Jonathan

Category: BogorTags:
limitnews
No Response

Comments are closed.