Jelang Ramadan, Satgas Covid-19 Cileungsi Gelar Vaksinasi di Balai RW 014 Cileungsi Hijau




Kegiatan vaksinasi Covid-19, untuk warga Perumahan Cileungsi Hijau di Balai Warga RW O14, Sabtu (2/4/2022). Limitnews.net/Jonatan

04/03/2022 10:15:51

BOGOR - Memasuki bulan suci Ramadan, Satgas Covid-19 Desa Cileungsi mengelar vaksinasi Covid-19, untuk warga Perumahan Cileungsi Hijau di Balai Warga RW O14, Sabtu (2/4/2022). Bhabinkamtibmas Desa Cileungsi Aiptu Mulyanto turut proaktif mengkondisikan warga untuk divaksin bersama para nakes atau bidan dan kader Posyandu. 

Disela-sela giat vaksinasi tersebut, Sekdes Cileungsi Supendi yang memantau langsung pelaksanaan vaksinasi kepada awak media mengatakan, bahwa Pemerintah Desa (PemDes) Cileungsi bekerjasama dengan Polsek Cileungsi mengadakan vaksinasi menjelang bulan puasa agar warganya merasa nyaman dan sehat menunaikan ibadah puasa dan juga kesiapan ketika ada sebagian yang akan berkunjung ke keluarganya.

"Pemerintah pun telah memperbolehkan tarawih dan mudik.  Secara khusus untuk mudik dengan persyaratan sudah divaksin tahap 3 atau booster, jika tidak harus melakukan terlebih dahulu tes antigen," ungkapnya.

BACA JUGA: MIO Indonesia Kabupaten Bogor Rayakan Hari Pers Nasional 2022

BACA JUGA: Sinergitas Desa Ciangsana dan Polri Lanjutkan Vaksinasi Anak Dosis 1-2 dan Booster

Supendi menambahkan, pihak PemDes akan terus melakukan percepatan vaksinasi untuk warganya dimasa Ramadan, agar siap menghadapi mudik dan silaturahmi warga saat Idul Fitri 1443 H.

Antusias warga diantisipasi dengan pengaturan sedemikian rupa dengan pemisahan meja pendaftaran dengan meja pemanggilan, juga penambahan tenda di lapangan terbuka untuk membuat suasana nyaman dan tidak menimbulkan kerumunan.

Selanjutnya, warga yang akan di vaksin diminta untuk mendaftar, mengisi formulir, setelah itu dilakukan  pengukuran suhu badan serta tensi darah, berlanjut screening serta penyuntikan vaksin dan yang terakhir observasi kurang lebih 15-30 menit.

Ada 200 dosis vaksin yang disediakan untuk vaksin 1, 2 jenis sinovac dan vaksin 3 booster jenis Astrazaneca. Khusus vaksin booster, diberikan kepada warga berusia di atas 18 tahun.

Dalam kegiatan tersebut, beberapa warga terlihat ada yang ditunda atau tidak lolos screening. Hal itu umumnya karena tekanan darah yang tidak normal (sesuai persyaratan harus di bawah 180/110), namun dengan penjelasan sigap dan ramah para nakes, sehingga pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar dan berakhir pukul 17.00 WIB yang semula dimulai pukul 13.00 WIB.

Sementara itu, salah seorang warga Cileungsi Hijau, Joko saat ditanyakan tentang pelaksanaan vaksin ke-3 ini menuturkan, dirinya sudah merasa tenang karena menerima dosis ketiga, meski sekalipun tidak ada rencana untuk berpergian keluar daerah atau mudik.

 

Penulis: Jonatan

Category: BogorTags:
limitnews
No Response

Comments are closed.