MIO Indonesia Kabupaten Bogor Rayakan Hari Pers Nasional 2022




Para anggota Dewan Pimpinan Daerah Kabupaten Bogor (DPC) Media Independen Online (MIO) Indonesia menggelar syukuran perayaan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 pada Jumat, (18/3/2022) kemarin. Limitnews.net/Jonathan

03/20/2022 07:59:36

BOGOR – Dewan Pimpinan Daerah Kabupaten Bogor (DPC) Media Independen Online (MIO) Indonesia menggelar syukuran Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 di Aula Serba Guna Desa Cinangka, Bogor, Jumat (18/3/2022).

HPN yang jatuh setiap tanggal 9 Februari berdasarkan keputusan presiden pada tahun 1985 yang ditetapkan sebagai Hari Persatuan Wartawan Indonesia atau saat ini dikenal sebagai Hari Pers Nasional.

Kegiatan syukuran kali ini, selain dalam  rangka HPN, juga sebagai ajang perkenalan MIO Indonesia Kabupaten Bogor yang telah dideklarasikan serentak se-Jawa Barat pada bulan September 2021 di Purwakarta, dengan bertujuan agar terjalin silaturahmi antara MIO Indonesia dengan para stakeholder lainnya khususnya di Kabupaten Bogor

Dalam sambutannya, Ketua HPN MIO Indonesia Tahun 2022, Supendi mengatakan, kegiatan ini sekaligus memperkenalkan MIO Indonesia Kabupaten Bogor yang sudah terbentuk selama satu tahun.

BACA JUGA: Dukung Program Bupati Bogor, MIO Gelar Kegiatan Mancing Bersama Aparatur Daerah

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Cinangka Abdul Rahman menuturlan, program-program yang telah dicanangkan MIO Indonesia Kabupaten Bogor bisa berjalan dengan baik dan dalam bersilaturahmi tetap mengedepankan kode etik dan bersikap profesional.

Sementara itu, Ketua Umum DPC MIO Indonesia Kabupaten Bogor, Irfan Lubis menegaskan, MIO Indonesia merupakan kumpulan perusahaan-perusahaan media di Kabupaten Bogor yang baru dibentuk pada bulan September 2021, jadi belum genap satu tahun, bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah khususnya untuk publikasi-publikasi terkait dengan potensi-potensi desa.

Selanjutnya, ia mengatakan, ada beberapa pesan yang ingin disampaikan kepada seluruh wartawan di MIO Indonesia, pertama, siapkan sarana atau alat kerja yang mendukung. Kedua, terus mengasah pengetahuan dalam merespon nara sumber. Ketiga, ingat wartawan bukan seperti polisi, tetap tugas wartawan adalah mencari informasi secara seimbang, tidak berpihak, dan harus berdiri di dua belah pihak. Keempat, terus dinamis mengikuti pergeseran dari era cetak ke era digitalisasi, dan kelima menyajikan berita yang tersaring fakta dan kebenarannya bukan hoaks.

Selanjutnya, dalam sambutan penutupnya, Irfan menyatakan terima kasih kepada Diskominfo Kabupaten Bogor.

"Semoga MIO Indonesia Kabupaten Bogor dapat berjalan dengan program-programnya dan berharap kepada Kominfo agar media-media di MIO Indonesia di Kabupaten Bogor dapat diakomodasi sebagai mitra pemerintah daerah," jelasnya.

Sementara itu, mewakili Kapolres Kabupaten Bogor, Aiptu Subagja selaku Bhabinkamtibmas Desa Cinangka pun mengajak kepada wartawan, agar dapat menjaga persatuan dan tetap semangat, karena pers perlu memantau banyak program-program pemerintahan khususnya di Kecamatan Ciampea.

Dalam puncak acara tersebut dilakukan pemotongan kue ulangtahun yang dibagikan kepada seluruh pejabat undangan dan jajaran pengurus, setelah  sebelumnya Pejabat Diskominfo Kabupaten Bogor Dina Nababan menyerukan agar Kabupaten Bogor harus berjaya.

"Untuk berjaya butuh kekuatan-kekuatan termasuk dari pilar ke-4, yaitu insan pers. Relasi yang sudah harmonis bisa tetap berjalan dan media dapat menjadi corong sekaligus kontrol penyelenggaraan pemerintahan daerah," tandasnya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, para undangan atau perwakilan, diantaranya dari Kec. Ciampea, Babinsa Desa Cinangka Serma Edi Mulyono, rekan-rekan organisasi lain, AJR, FWBP, Pokja Bogor Barat, Ormas PWRI dan PWI Kabupaten Bogor dan acara ditutup dengan doa yang  dipimpin Kepala KUA Kecamatan Ciampea Ustaz Tambatua Matondang.

 

Penulis: Jonathan           

Category: BogorTags:
limitnews
No Response

Comments are closed.