107 Napi Rutan Cipinang Dimutasi ke Lapas

230

Proses pemindahan napi dari Rutan ke Lapas. Limitnews.net/Tomson

JAKARTA - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang, Jakarta Timur melaksanakan pemindahan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sebanyak 107 orang  ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Serang, Lapas Kelas II A Narkotika Bandung, Lapas Kelas II B Banjar, dan Lapas Kelas II B Garut, Kamis (17/6/2021).

"Pemindahan itu adalah dalam rangka Implementasi Revitalisasi Pemasyarakatan serta peningkatan fungsi Pembinaan Pemasyarakatan, sesuai surat Direktur Jenderal Pemasyarakatan nomor : PAS-PK.01.05.08-607 tanggal 25 Mei 2021 perihal Pemindahan Narapidana atas nama Arief Alviyanto Als Arief bin Kispandi, dkk ke Lapas Kelas II A Serang, Lapas Narkotika Kelas II A Bandung, Lapas Kelas II B Banjar, Lapas Kelas II B Garut," kata Kepala Rutan (Karutan) Cipinang Margono kepada limitnews.net, ketika dihubungi, Kamis (17/6/2021).

Margono menjelaskan, proses pemindahan WBP itu dipimpin langsung oleh Plh. Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Kelas I Cipinang Anak Agung GDE, bersama staf kesatuan pengaman dan dari pihak kepolisian, karena dirinnya sedang mengikuti pendidikan.

"Ya, betul! proses pemindahan diawali dengan pengecekan jumlah narapidana dan kelengkapan berkas sebelum menuju Lembaga Pemasyarakatan. Sebelumnya, 107  warga binaan tersebut sudah menjalani rapid test dengan hasil non reaktif. Setelah hasilnya didapat baru kita pindahkan," ujar KPR Anak Agung Gde ketikI dikonfirmasi.

Agung merinci WBP yang dipindahkan masing-masing ke Lapas Kelas II A Serang sebanyak 16 orang, ke Lapas Kelas II A Narkotika Bandung sebanyak 30 orang, ke Lapas Kelas II B Banjar sebanyak 24 orang, dan ke Lapas Kelas II B Garut sebanyak 37 orang dengan total keseluruhan 107 orang.

“Ini sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan ketika narapidana sudah mempunyai kekuatan hukum tetap yang vonis hukumannya diatas 1 tahun 6 bulan harus kami pindahkan ke lapas sesuai yang tertuang dalam Undang-Undang No. 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan,” ungkap Anak Agung.

Dia juga menyampaikan bahwa proses pemindahan WBP ke Lapas sudah mengikuti standar protokol kesehatan pencegahan Coronavirus disease serta berlangsung aman dan tertib.

 

Penulis: Tomson

Category: JakartaTags:

limitnews
No Response

Comments are closed.