38 WBP Rutan Cipinang Terima Asimilasi

109

limitnews.net

Karutan Margono bersama Agung, Ruly, Saksi dan Jaky saat hendak melepaskan 38 WBP yang mendapatkan Asimilasi Rumah, Kamis (25/7/2021). Limitnews.net/Tomson

JAKARTA - Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang, Jakarta Timur Margono melepaskan 38 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) penerima Asimilasi, Kamis, (15/07/2021).

Margono mengatakan pemberian Asimilasi Rumah kepada 38 WBP itu merupakan implementasi Permenkumham No. 24 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) nomor 32 tahun 2020 tentang Syarat dan Tatacara Pemberian Asimilasi, pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas, dan cuti bersyarat bagi narapidana dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran covid-19.

Sebelum melepas para penerima Asimilasi Rumah, Margono berpesan agar WBP yang mendapat asimilasi rumah jangan lagi melakukan perbuatan pidana.

"Saya berharap kepada saudara jangan lagi melakukan perbuatan pidana dan kembali disini dengan status yang sama, tetap hiduplah dengan wajar dilingkungan saudara dan selama menjalani asimilasi tetap dirumah dan wajib lapor kepada Balai Pemasyarakatan setempat. Sampaikan salam kami untuk keluarga dirumah, selamat!,” ucap Margono kepada WBP berharap dapat menjalani hidup yang wajar setelah bebas dari tahanan.

Sementara Kepala Seksi (Kasi)  Perawatan dan Pelayanan Tahanan Rutan Cipinang, Anak  Agung Joni didampingi Kasubsi ADM Perawatan Tahanan Sakti Wahyu Gumelar di ruang Kerja Kasubag Umum Ruly mengatakan bahwa yang mendapatkan asimilasi rumah tersebut merupakan Warga Binaan yang telah memenuhi syarat administratif pemberian asimilasi sesuai dengan Permenkumham No. 24 Tahun 2021.

"Apa yang kita lakukan hari ini adalah perintah bapak menteri dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Mengingat Rutan dan lapas sudah over kapasitas, sehingga bapak menteri mengeluarkan Peraturan yang baru," ujar Kasi Perawatan dan Pelayanan Tahanan, Anak Agung Joni.

 

Penulis: Tomson

Category: JakartaTags:

limitnews
No Response

Comments are closed.