92 RT di DKI Jakarta Terendam Banjir

118




Salah satu wilayah RT di DKI Jakarta terendam banjir. Limitnews/Istimewa

07/16/2022 13:40:54

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan, sebanyak 92 rukun tetangga (RT) di tiga wilayah kota yakni Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat tergenang banjir, Sabtu (16/7/2022).

"Berdasar data yang masuk pada 16 Juli 2022 sampai pukul 09:00 WIB, ada 92 RT tergenang dari (jumlah) sebelumnya sebanyak 71 RT," tulis Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta Muhammad Insyaf dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

BACA JUGA: ‘Wajah Buruk’ Pelabuhan Muara Kapan Berubah?

Dalam keterangan itu, Insyaf menerangkan ketinggian air dalam banjir kali ini mulai dari 40 sentimeter (cm) hingga 200 cm yang merendam 26 RT di Jakarta Selatan, 18 RT di Jakarta Barat, serta 48 RT di Jakarta Timur.

BPBD DKI Jakarta menyebut, akibat faktor cuaca di sekitar Pulau Jawa, mengakibatkan curah hujan yang menjadi lebih tinggi sehingga menyebabkan terjadinya banjir di beberapa wilayah.

"Analisis sementara penyebab hujan kemarin dan hari ini yakni adanya penjalaran massa udara basah di sekitar Pulau Jawa karena adanya gelombang atmosfer seperti Gelombang Rossby dan Gelombang Kelvin," ujarnya.

BACA JUGA: Terlibat Mafia Tanah, Pejabat BPN Dijerat UU Tipikor

Kemudian, lanjutnya, asupan massa udara basah dari Samudera Hindia karena aktifnya dipole mode index (IOD) dan kondisi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan masih akan berlangsung sampai Minggu (17/7/2022).

 

Penulis: Herlyna

Category: JakartaTags:
limitnews
No Response

Comments are closed.