Bupati Kuansing Andi Putra Mangkir Sidang Kasus Korupsi

237

Kepala Kejari Kuansing, Hadiman SH, MH. Limitnews.net/Istimewa

JAKARTA - Empat orang saksi mangkir hadir di persidangan kasus korupsi pembangunan ruang pertemuan Hotel Kuantan Singingi (Kuansing) Tahun Anggaran (TA) 2015 di Pengadilan Tipikor Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Riau, Jumat (18/6/2021).

Keempat saksi yang mangkir hadir di persidangan itu masing-masing Bupati Kuansing Andi Putra, mantan Bupati Kuansing Sukarmis, mantan Kepala Bappeda Kab. Kuansing Indra Agus Lukman dan Veronika dari pihak ketiga juga tak hadir karena Covid 19.

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kuansing Hadiman, SH, MH sebelum nya Jaksa Penuntut Umum (JPU) Teguh Prayogi, SH dan Danang Seftrianto, SH telah melakukan pemanggilan dan menjadwalkan ketiga orang saksi hadir pada persidangan, Jumat (18/6/2021), untuk didengarkan keterangan terhadap tiga terdakwa Fahrudin, ST (Pejabat Pembuat Komitmen-PPK), Alfion Hendra selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan Robert Tambunan selaku direktur PT Betania Prima (pemborongan). Hasvirta (Kabid Aset), Siwi Yudo (Konsultan pengawas) pada saat pelaksanaan kegiatan pembangunan TA 2015.

"Akan kita panggil kembali para saksi yang kemarin belum hadir itu untuk diperiksa pada sidang yang dijadwalkan Jumat (25/6/2021," ujar Kajari Hadiman kepada media ini, Sabtu (19/6/2021).

BACA JUGA: Kejari Kuansing Periksa Sejumlah Mantan Anggota DPRD Terkait Kasus Korupsi Rp 1,6 Miliar

Dia menjelaskan, bahwa hanya saksi Andi Putra yang tidak hadir yang tidak memberikan penjelasan tidak hadir. Sementara yang lainnya ada pemberitahuan tidak hadir.

Bantah Memeras

Ketika dikonfirmasi adanya laporan ke Kejati Riau terkait adanya upaya pemerasan, Kejari Hadiman membantah. Dan Hadiman mengatakan akan melaporkan balik nanti jika tidak terbukti.

Hadiman mengungkapkan bahwa apa yang dilaporkan Andi Putra dan Hendra AP merupakan sebuah kepanikan untuk membunuh karakter dirinya sebagai Kajari Kuansing. Karena menurutnya, keduanya tersangkut masalah hukum yang saat ini sedang diproses.

"Kalau Andi Putra (Bupati,red) diperiksa sebagai saksi dalam kasus ruang pertemuan hotel Kuansing tahun 2015 dan juga diperiksa dalam kasus pasar modern 3 pilar," ungkap Hadiman.

Kajari Hadiman berjanji akan membersihkan korupsi di Kab. Kuansing selama dia menjabat.

"Saya tidak gentar dengan ancaman! Yang penting saya bekerja sesuai prosedur. Pimpinan dapat melihat apa yang kita lakukan," tegas Hadiman.

 

Penulis: Tomson

Category: JakartaTags:

limitnews
No Response

Comments are closed.