Dakwaan Jaksa Tidak Terbukti, Hakim Vonis Bebas Terdakwa Kalibi

limitnews.net

Penasehat Hukum Mohamad Kalibi foto bersama usai persidangan vonis bebas, Senin (12/7/2021). Limitnews.net/Tomson

JAKARTA - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yerich Sinaga SH, tidak dapat membuktikan dakwaannya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara pimpinan Tumpanuli Marbun, SH, MH, anggota majelis Tiares Sirait, SH, MH dan Rudi F Abas, SH, MH menghadiahi vonis bebas terdakwa Mohamad Kalibi, di PN Jakarta Utara, Jl. Gajah Mada, No.17, Jakarta Pusat, Senin (12/7/2021).

Ketua Majelis Hakim Tumpanuli Marbun, SH dalam amar putusannya membebaskan terdakwa Mohamad Kalibi dan mengembalikan harkat dan martabatnya kepada kedudukan semula dan membebankan ongkos perkara kepada negara, karena terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah sebagaimana dalam Surat dakwaan dan tuntutan JPU melanggar Pasal 266 Jo. Pasal 263 KUHP, karena memalsukan KK (Kartu Keluarga).

"Sertifikat adalah bukti kepemilikan terhadap sebidang tanah bukan Pengesahan atau pertanda pengesahan antara Suami Istri. Jadi dakwaan pemalsuan KK yang di dalilkan jaksa tidak ada kaitannya terhadap  terbitnya sertifikat Hak Pakai No.247/Koja atas nama Siti Mutmainah dan SHP No.248/Koja atas nama Mohamad Kalibi," ujar Ketua Majelis Hakim Tumpanuli Marbun, SH, MH sebagaimana dibacakan Hakim Anggota Tiares Sirait, SH, MH.

Hakim mengungkapkan bahwa pengajuan penerbitan sertifikat Hak Pakai oleh terdakwa Mohamad Kalibi tidak ada kaitan dengan Foto Copy  KK (Mohamad Kalibi istri Soraviah) yang dijadikan JPU sebagai bukti bahwa Foto Copy itu dipalsukan terdakwa Mohamad Kalibi untuk persyaratan permohonan penerbitan sertifikat. Sebab sesuai fakta-fakta persidangan bahwa KK tidak ada terlampir dalam Warkah sertifikat yang diterbitkan Badan Pertanahan Nasional Jakarta Utara.

"Foto Copy KK Mohamad Kalibi istri Soraviah tidak ditemukan dalam dokumen pengajuan SHP 247, maupun SHP 248. Kita tidak tahu untuk apa Poto copy KK atas nama Mohamad Kalibi istri Soraviah dibuat. Siapa yang membuat dimana dibuat dan kapan digunakan dan untuk apa digunakan KK yang dibuat JPU sebagai bukti tidak jelas. Sebab KK itu didapatkan di luar dokumen atau tidak terlampir dalam Warkah," tegas Tiaris Sirait.

Lebih dari 20 orang saksi yang diperiksa tidak ada yang pernah melihat/mengetahui Foto Copy KK yang disebutkan JPU Yerich Sinaga.

Terhadap putasan hakim itu, terdakwa Mohamad Kalibi menyatakan puas dan berterimakasih kepada majelis hakim.

"Hanya ucapan terimakasih yang dapat saya sampaikan kepada Majelis Hakim. Masih ada keadilan bagi yang terzolimi," ujar Mohamad Kalibi diluar persidangan usai mendengarkan putusan bebas.

Sementara Penasehat hukum terdakwa yang disampaikan melalui juru bicaranya advokat Drs. Misrad, SH, MH menyampaikan terimakasih kepada majelis.

"Inilah fakta-fakta persidangan. Majelis sudah bertindak sebagaimana hasil yang terungkap dipersidangan. Perlu kami sampaikan, bahwa dari awal perkara ini dipaksakan. Kita yakin itu! Rekomendasi warsidik mabes polri tidak indahkan penyidik Polda metro jaya, ini pembangkangan, dan sengaja mengkriminalisasi klien kami," tegas advokat misrad.

Sebelumnya JPU Yerich Sinaga, SH menjatuhkan tuntutan 3 tahun dan 6 bulan terhadap terdakwa Mohamad Kalibi. Namun dakwaannya itu tidak bisa dibuktikan dipersidangan.

 

Penulis: Tomson

Category: JakartaTags:

limitnews
No Response

Comments are closed.