Dampak Limbah, Air Kolam PPS Muara Baru Berubah Warna Menjadi ‘Kolam Kopi Susu’




Atas: Air Dermaga Tongkang Tengah berubah warna menjadi ‘Kolam Kopi Susu’, Selasa, (14/6/2022). Bawah: Banjir pada Gedung MBC, Rabu (15/6/2022). Limitnews/Herlyna

06/15/2022 11:31:26

JAKARTA – Air kolam Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman Jakarta, atau PPS Muara Baru, Jakarta Utara berubah warna menjadi ‘Kolam Kopi Susu’, Selasa (14/6/2022). Air laut menjadi warna ‘Kolam Kopi Susu’ tersebut dampak pencemaran limbah beracun dari pabrik ekspor impor yang ada di Pelabuhan Perikanan Muara Baru yang tidak memiliki Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL).

Gambar air kolam pelabuhan yang berubah seperti lumpur dishare group WhatsApp (WA) dengan caption ‘Dermaga Tongkang Tengah’.

Selain ‘Kolam Kopi Susu’ kolam Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta, ada juga video yang beredar banjir ROB Pukul 20.00 WIB. Dalam video itu dikatakan: "Saat ini pukul 20... 14-6-2022 kondisi pelabuhan banjir ROB. Aliran airnya deras sekali. Hati-hati lewat," ucap yang merekam video itu.

BERITA TERKAIT: Komisi VI DPR-RI Sebut PT Perindo Sakit, MSPI: Hanya Pungut Uang Kok Bisa Sakit?

BACA JUGA: Terkuak Sewa Perawatan Ratusan Miliar per Bulan, PT Perindo Biarkan PPS Muara Baru Terlantar

Terlihat dalam video, air mengalir deras melewati jalan. Ada sebagian jalan yang sudah tertutup air. "Mudah mudahan cepat surut supaya tidak mengganggu aktivitas," kata dalam video itu yang dibagikan di group WhatsApp, Selasa (14/6/2022) malam.

Sementara itu, pada Rabu (15/6/2022), ada juga video yang dibagikan di group kejadian banjir di Muara Baru Center (MBC). MBC ini memang selalu dilanda banjir. Penyewa di gedung MBC ini sudah berulangkali menyampaikan keluhannya kepada media, tapi sampai saat ini belum ada perbaikan.

Terkait hal di atas, baik Kepala UPT PPS Nizam Zachman Jakarta, Bagus Oktori Sutrisno maupun pihak PT Perindo belum memberikan jawaban saat dikonfirmasi.

 

Penulis: Herlyna

Category: Jakarta
limitnews
No Response

Comments are closed.