Diduga Tidak Sesuai Bestek, Proyek Waduk Sunter Longsor

636




Bronjong yang longsor atau tenggelam dari baju merah dan baju Hijau sampai ke dua orang yang bekerja diujung, Senin (10/1/2022). Limitnews.net/Herlyna

01/10/2022 18:39:07

JAKARTA - Diduga tidak sesuai bestek, proyek Waduk Sunter di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, longsor, Senin (10/1/2022). Menurut warga yang berada di lokasi, longsornya bronjong akibat kurang dalamnya tiang pancang penahan Bronjong sehingga tiang pancang itu longsor didorong beban Bronjong.

"Saya kira tiang pancangnya kurang kuat menahan beban sehingga terjadilah longsor," ujar Udin kepada wartawan dilokasi, Senin (10/1/2022).

Udin menambahkan bahwa pemancangan tiang pancang harus sampai 8 meter.

"Seharus tiang pancang minimal 8 meter. Ini kan dalam pak, lumpur soalnya. Saya kira belum padat landasan tiang pancang itu, karena mungkin ngga sampai 6 meter kali," kata Udin.

BACA JUGA: Alamak, Proyek Waduk Sunter Tanjung Priok Belum Juga Selesai Dikerjakan

Sementara Oja, tukang yang melakukan pemasangan bronjong mengaku kaget.

"Seharusnya hari ini sudah sampai ke ujung pemasangan bronjong, tapi karena terjadi longsor ini akhirnya tertunda lagi. Kita belum tahu apakah akan dilakukan lagi pemancangan tiang pancang. Sampai saat ini belum ada informasi kesitu," ujar Oja.

Oja mengaku pinggir danau itu dalam. "Katanya ada kapal tenggelam disini belum ditarik ke darat," tambah Oja.

Sementara Rahman, Humas PT. FAF MMA yang terlihat dilokasi tidak sempat dikonfirmasi. Disela-sela pemotretan Rahman sudah menghilang dari lokasi. Ketika dikonfirmasi lewat WhatsApp juga tidak menjawab.

Humas Dinas Sumber Daya Air (SDA) Pemprov DKI Jakarta Roy mengaku belum mengetahuinya.

"Belum tahu saya bang! Kapan kejadiannya?," ujar Roy balik bertanya ketika dikonfirmasi penyebab longsor nya proyek waduk Sunter itu.

"Tolong kirim fotonya bang!," ucap Roy dari ujung teleponnya.

 

Penulis: Herlyna

Category: JakartaTags:
limitnews
No Response

Comments are closed.