Doktor Fernando Silalahi Perjuangkan Penegak Hukum Rekan Sejawat Melalui Channel ‘Fernando De Caprio’




DR Fernando Silalahi, ST, SH, MH, CLA YouTubers Fernando De Caprio. Limitnews.net/Tomson

05/12/2022 21:03:34

JAKARTA - “Panggil saya Fernando De Caprio,” kata DR Fernando Silalahi, ST, SH, MH, CLA ketika mengawali perbincangan dengan media di kantor firma hukumnya di Gedung Taluson Lantai 3, Jalan RP Soeroso, Gondangdia Lama Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/5/2022).

Keramahan ala Batak pun mendominasi dialog diantara tanya jawab seputaran karier hingga memanfaatkan podcast "Fernando De Caprio" sebagai target melek hukum bagi masyarakat untuk memahami hak-hak dan kewajibannya sewaktu berhadapan dengan penegakan hukum.

“Saya menjadi YouTubers juga dikarenakan keprihatinan terhadap kurang dihargainya advokat sebagai profesi penegak hukum secara utuh dalam prosesi keadilan. Mulai penyidikan, persidangan, hingga putusan hakim tingkat tertinggi di Mahkamah Agung,” ujar lelaki bergelar doktor hukum dari Universitas Trisakti, Jakarta, lulusan 2018 itu.

BACA JUGA: Jalan Tuna II Tidak Berfungsi, Siapa Pengelola Pelabuhan Muara Baru?

BACA JUGA: Wagub DKI: JIS Sangat Layak Menjadi Tuan Rumah Final Liga Champions dan Piala Dunia

Dikisahkan betapa mirisnya ketika melihat sejawat advokat muda kurang dihargai oleh oknum-oknum aparat penegak hukum hanya karena berpakaian sederhana, tanpa memakai jas-dasi, dan belum dikenal tampil seperti selebritis.

“Walau saya pribadi tidak mengalami hal serupa itu, tetapi miris saja melihatnya dari perspektif sesama penegak hukum baik sesama advokat atau aparatur penegak hukum lain; berbeda perlakuan, tidak equals,” ujar pemilik akun dengan 1.880 subscribers dan rerata 1000 sampai 2000 viewer setiap tema tayangan videonya itu.

Disamping alasan lainnya berupa banyaknya persoalan hukum yang berimbas pada buruknya penegakan hukum merupakan akibat dari pelanggaran hukum atau lemahnya kualitas kepatuhan hukum berbagai pihak dalam berbagai sektor kehidupan bermasyarakat.

“Hal itu membutuhkan audit hukum,” ujar Direktur Eksekutif Monitoring Saber Pungli Indonesia (MSPI), yang mengaku sesuai saran Menkopohulkam Wiranto saat itu bersamaan Saber Pungli bentukan Presiden Jokowi.

BACA JUGA: Densus 88 Awasi Lima Warga Indonesia Diduga Fasilitator Keuangan ISIS

BACA JUGA: Komisi IV Pertanyakan Transparansi Anggaran Zakat Baznas Kota Bekasi

Kiprah praktisi hukum yang bukan saudara kembar Leonardo Dicaprio, sang aktor film tenggelamnya kapal pesiar Titanic itu dikenal bergaya pengacara Amerika Serikat alias American Style dalam persidangan.

“Setiap pembuktian tindakan selalu saya minta peragakan sesuai yang dituduhkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) penyidikan kepolisian, dan saya maju ke depan. Tentu seijin majelis hakim,” ujar pendiri Aliansi Pemerhati Pengguna Anggaran (Alppa), LSM anti-korupsi itu.

Dia mencontohkan ketika Fernando ingin membuktikan tuduhan bahwa IM kliennya, terdakwa kriminal dari aktivis ’98, tendangannya telah membuat keguguran wanita saksi korbannya.

“Saya hitung jarak klien dengan korban untuk menentukan seberapa kuat efek tendangan sehingga keguguran kehamilan. Dan, saya ini sarjana teknik mesin lho,” tandas mantan kuasa hukum tim advokat Calon Presiden Jokowi-Cawapres Jusuf Kalla dalam sengketa Pilpres 2014 di Mahkamah Konstitusi itu.

Dr. Fernando Silalahi cukup dikenal dalam membela kepentingan rakyat terutama dalam penegakan hukum dan juga pegiat anti korupsi.

Penulis: Tomson

Category: Jakarta
limitnews
No Response

Comments are closed.