Firli Bahuri Gugat Dirreskrimsus Polda Metro Jaya ke PN Jaksel

Posted by : limitnew 23 Januari 2024 Tags : Ade Safri Simanjuntak , Firli Bahuri Gugat Dirreskrimsus
Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak. Limitnews/Istimewa

JAKARTA – Mantan Ketua KPK Firli Bahuri menggugat Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak melalui praperadilan ke PN Jakarta Selatan (Jaksel).

Gugatan Firli Bahuri diajukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin 22 Januari 2024. Gugatan teregister dengan nomor perkara: 17/Pid.Pra/2024/PN JKT.SEL.

BERITA TERKAIT: Presiden Jokowi Resmi Berhentikan Firli Bahuri Sebagai Ketua KPK

Sebelumnya, Firli Bahuri juga telah menggugat Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto atas penetapan sebagai tersangka kasus pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), namun gugatan Firli Bahuri ditolak Hakim PN Jaksel.

“Terkait dengan gugatan pra peradilan kedua yang diajukan oleh tersangka FB atau kuasa hukumnya ke PN Jaksel, pada prinsipnya penyidik melalui Tim Advokasi Bidkum Polda Metro Jaya sangat siap untuk menghadapinya, ” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (23/1/2024).

Ade Safri juga menegaskan  tim penyidik gabungan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri yang menangani perkara a quo tersangka FB sudah melaksanakan tugasnya secara profesional, transparan dan akuntabel.

“Serangkaian tindakan penyidik dalam upaya penyidikan untuk mencari serta mengumpulkan bukti telah membuat terang tentang tindak pidana yang terjadi dan menemukan tersangkanya. Semua itu telah diuji pada sidang pra peradilan sebelumnya, ” katanya.

BERITA TERKAIT: Hakim Tolak Gugatan Praperadilan Firli Bahuri

Mantan Kapolrestabes Surakarya tersebut juga optimis gugatan pra peradilan kedua ini akan ditolak kembali oleh pengadilan.

“Kami tegaskan bahwa penyidik optimis, karena penetapan status tersangka oleh penyidik terhadap saudara FB telah didasarkan atas minimal dua alat bukti yang sah,” kata Ade Safri.

 

Penulis: Olo

RELATED POSTS
FOLLOW US