Gedung Pengadilan Jakarta Utara Terlihat Megah dari Luar Keropos di Dalam

Posted by : limitnew 31 Januari 2023 Tags : Gedung Pengadilan Jakarta Utara , Keropos , Megah
Kerusakan ini berada pada ruang lobby utama gedung baru PN Jakarta Utara, Senin (30/1/2023). Limitnews/Herlyna

01/31/2023 11:38:39

JAKARTA – Gedung Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara terlihat gagah dan megah dari luar ternyata keropos di dalamnya dan mengancam keselamatan orang.

Gedung baru PN Jakarta Utara di Jalan RE Martadinata, No.1, Kecamatan Tanjung Priok, baru dimasuki dan diresmikan Ketua PN Jakarta Utara Tumpal Sagala, pada Rabu (25/1/2023) ternyata di dalamnya seperti bangunan tua yang tidak terawat, bahkan boleh dikatakan bahwa pembangunannya belum selesai.

Seperti apa dokumen serahterima antara pemborong dengan pihak pengadilan selaku owner belum diketahui.

BERITA TERKAIT: Hingga Akhir Tahun 2022, Pembangunan Gedung PN Jakarta Utara Belum Juga Selesai

Entah apa yang mendesak sehingga Ketua Pengadilan (Tumpal Sagala-red) harus melakukan perpindahan tergesa-gesa dari gedung PN Jakarta Utara yang selama ini di Jalan Gajah Mada Jakarta Pusat kegedung baru yang belum rampung tersebut.

Jika ditelusuri pada setiap ruangan masih terlihat jelas plapon belum dipasang seluruh, dinding-dinding gedung retak-retak, lisplang pada copot dan jatuh, bahkan masih ada pintu yang belum dipasang.

Prihatin melihat Hakim-hakim yang harus bersih-bersih ruang dahulu sebelum bersidang.

“Ah, ngga apalah yang penting sudah gedung sendiri. Sedikit lelah dulu,” ucap salah satu hakim yang tidak mau disebutkan namanya.

Demikian juga sejumlah pegawai yang mengeluhkan kondisi gedung. “Jauh dari yang dibayang kenyataan saat memasuki gedung baru ini,” ujar beberapa pegawai yang mengeluhkan kondisi gedung baru itu.

Memang faktanya, toilet gedung berlantai 4 itu ada yang tidak ada airnya sama sekali dan ada juga toilet yang banjir digenang air hingga setinggi 3-5 sentimeter.

Begitu banyaknya titik dari bagian bangunan itu yang tampak harus diperbaiki lagi karena dianggap tidak sesuai bestek.

Di lobi pintu utama terdapat lis plang/kanopi patah dan nyaris jatuh. Kondisi ini menakutkan bagi pengunjung pengadilan. Apabila lis plang itu jatuh dan menimpa orang jelas sangat membahayakan.

Ketua PN Jakarta Utara Tumpal Sagala yang dimintai tanggapannya perihal kondisi bangunan PN Jakarta Utara, Senin (30/1/2023), enggan menanggapinya.

BACA JUGA: Penculikan Anak di Kota Bekasi Dimasukkan Karung Hoaks

Namun Humas PN Jakarta Utara, Maryono, mengatakan tiap ruangan sudah bisa dipakai.

“Cuma perlengkapan belum tertata seluruhnya, ruang sidang juga sudah fungsi. Kalau untuk ruang sidang sudah ada petugas yang bersih-bersih. Bapak ibu hakim hanya membantu benahi ruangan hakim di lantai empat,” katanya, Senin (30/1/2023).

“Ya kondisinya memang seperti ini, namun pelayanan persidangan sudah berjalan seperti biasa. Kalau soal fisik saya tidak bisa berpendapat. Rekan wartawan sudah bisa melihat sendiri. Namun keadaan gedung maupun ruangan seperti ini tidak menjadi halangan persidangan,” tuturnya.

 

 

 

Penulis: Herlyna

RELATED POSTS
FOLLOW US