Hakim Perintahkan Polres Jakarata Utara Buka SP3 Kasus Tony dan Jhony

limitnews.net

Hakim Tunggal Prapid Djuyamto SH,MH. Limitnews.net/Tomson

JAKARTA - Hakim Tunggal Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, Djuyamto, SH mengabulkan Pemohon Praperadilan (Prapid) terhadap Surat Pengehentian Penyidikan Perkara (SP3) LP Nomor : 559/K/III/2014/PMJ/RESJU tgl 18 Maret 2014 atas nama tersangka  Tony Surjana dan Jhony Surjana, di PN Jakarta Utara, Jln. Gajah Mada, No.17, Jakarta Pusat, Rabu (4/8/2021).

Hakim memerintahkan Polres Jakarta Utara melanjutkan proses hukum laporan yang  diajukan Praperadilan advokat Dr. Hanan Soeharto, SH, MH mewakili kliennya  Ghozali bin Asmad dan Taslimah bin Asmad sebagai korban pelapor.

Hakim Djuyamto, SH, MH dalam dalam putusannya  mengabulkan gugatan praperadilan yang diajukan Para Pemohon dengan pertimbangan bahwa dalam tahap penyelidikan sudah ditemukan bukti permulaan bahwa ada unsur tindak pidana dan terlapor diduga sebagai pelakunya, kemudian dalam SPDP sudah disebutkan status terlapor Tony Surjana dan Jhony Surjana sabagai Tersangka, sehingga dengan telah disebutkannya status terlapor sebagai  Tersangka, tidak mungkin jika Termohon belum memperoleh cukup bukti.

“Menyatakan surat perintah penghentian penyidikan SK Nomor STap/03/I/RES 1.9/2021/Reskrim tgl 11 Januari 2021 tidak sah dan tidak berkekuatan hukum, dan memerintahkan Termohon untuk mencabut serta memerintahkan untuk melanjutkan penyidikan atas tindak pidana yang dilaporkan Para Pemohon,” ujar Hakim Djuyamto, SH yang juga Kepala Humas PN Jakarta Utara itu, saat membacakan putusannya. 

Menurutnya, bahwa Termohon sudah memperoleh cukup bukti sebagaimana ketentuan Pasal 184 ayat 1 KUHAP yang sesuai dengen putusan MK RI Nomor 21/PUU-XII/2014 yaitu telah ditemukannya bukti surat, bukti saksi.

Para Pemohon adalah Pelapor atas dugaan tindak pidana Pemalsuan akta otentik Pasal 266 KUHP, dgn Terlapor Tony Surjana dan Jhony Surjana LP Nomor : 559/K/III/2014/PMJ/RESJU tgl 18 Maret 2014.

Para Pemohon berkeberatan atas tindakan Termohon yg menghentikan penyidikan terhadap laporan degan alasan tidak cukup bukti, padahal menurut dalil Para Pemohon sudah cukup bukti.

 

Penulis: Tomson

Category: JakartaTags:

limitnews
No Response

Comments are closed.