Hakim Tolak Gugatan Permohonan Praperadilan Tersangka Bupati Kuansing Non Aktif




Plt Jubir KPK Ali Fikri. Limitnews.net/Thomson

12/27/2021 18:08:35

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) apresiasi putusan Hakim yang menolak permohonan praperadilan yang diajukan oleh tersangka AP (Bupati Non Aktif) Kuansing di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (27/12/2021).

Putusan ini menegaskan proses penanganan perkara oleh KPK telah dilakukan sesuai dengan mekanisme ketentuan hukum yang berlaku.

"Dalam pertimbangannya Hakim praperadilan menyatakan bahwa KPK dalam melaksanakan tugasnya tunduk pada KUHAP, UU Tipikor maupun UU KPK," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri, melalui relis yang diterima redaksi, Senin (27/12/2021) Sore.

BACA JUGA: KPK: Berkas Perkara Tersangka Dugaan Suap Izin HGU di Kuansing Lengkap

Hakim dalam pertimbangannya juga memutuskan bahwa penetapan tersangka atas diri pemohon adalah sah dan berdasar atas hukum, sehingga tindakan Termohon dalam menerbitkan Laporan Kejadian Tindak Pidana Korupsi/LKTPK, Surat Perintah Penyidikan, Surat Perintah Penyitaan dan Surat Perintah Penahanan juga sah menurut hukum.

"Kami akan melanjutkan penyidikan dan segera melimpahkan perkara tersebut ke pengadilan Tindak Pidana Korupsi," pungkas Ali Fikri.

 

Penulis: Thomson

Category: JakartaTags:
limitnews
No Response

Comments are closed.