Kamis, 19 September 2019

limitnews.net

Limit News > Jakarta > JPU Tetap Tuntut Terdakwa Yohanes Didenda Rp 13 Miliar
Posted By: limitnews, 5:39 AM, 29 Agustus 2019

JPU Tetap Tuntut Terdakwa Yohanes Didenda Rp 13 Miliar

Share

limitnews.net

Kondisi sidang dengan terdakwa Yohanes Tahafary. Tomson/limitnews.net

JAKARTA I LIMITNEWS.NET – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Iwan  Mex Manara, SH dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Utara menyatakan tetap pada tuntutan menjatuhkan denda Rp 13,066 miliar terhadap terdakwa Yohanes Tahafary, di Pengadilan Negeri PN Jakarta Utara, Jl. Gajah Mada Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2019).

Hal itu dikatakannya menjawab Pledoi Pembelaan Penasihat Hukum Terdakwa yang menyatakan bahwa penjatuhan denda sebesar Rp 13,066 miliar yang dijatuhkan kepada terdakwa dirasa tidak adil mengingat melibatkan beberapa saksi berdasarkan fakta persidangan dan Pengguna faktur lebih banyak mengambil keuntungan dari total kerugian Negara yang dituduhkan kepada Terdakwa, sehingga memohon putusan yang seadil-adilnya. 

“Bahwa terhadap penjatuhan denda sebesar Rp. 13,066 miliyar sudah sangat tepat dibebankan terhadap terdakwa sesuai dengan ketentuan Pasal 39 huruf A Jo, Pasa 43 Ayat (1) UU No. 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan Jo. UU No. 28 Tahun 2007 tentang Perubahan Ketiga atas UU No. 6 Tahun 1983 yang menyebutkan bahwa: ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 39 dan 39A berlaku juga bagi wakil, kuasa, pegawai dari wajib pajak, atau pihak lain yang menyuruh melakukan, yang turut serta melakukan, yang menganjurkan, atau yang membantu melakukan tindak pidana di bidang perpajakan, sehingga pembebanan denda pajak berdiri sendiri-sendiri meskipun melibatkan banyak saksi sesuai dengan yang dikemukakan oleh Penasehat hukum terdakwa,” ucap Mex.

Menurutnya, tanggapan terhadap pledoi Penasihat Hukum Terdakwa sebagaimana diuraikan dalam pledoi, penuntut umum tetap pada tuntutan.

“Kami berkeyakinan berdasarkan fakta-fakta yang terungkap di persidangan bahwa surat dakwaan sebagaimana yang disampaikan dalam Tuntutan Pidana adalah benar berdasarkan peraturan perundang-undangan dan ketentuan hukum yang berlaku serta didasarkan atas alat bukti dan fakta-fakta hukum yang terbukti secara sah dan kami berpendirian tetap pada Tuntutan Pidana yang telah dijatuhkan dan memohon kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan sebagaimana dalam Tuntutan Pidana yang telah dibacakan pada sidang sebelumnya,” ujar Iwan Mex.

Sebelumnya JPU Renthart M. Marbun, SH, MH dan Sanin, SH, MH dari Kejaksaan Agung RI telah menjatuhkan tuntutan 4 tahun

Pidana penjara denda sebesar Rp 13,066 miliar terhadap terdakwa Johanes karena telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah secara hukum sesuai dengan ketentuan Pasal 39 huruf A Jo, Pasa 43 Ayat (1) UU No. 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. (Tom)

Share
Bagikan:
Share

Berita Terkait lainya

Komentar Pembaca

Leave a Reply

Berikan komentar

Notifikasi

wpDiscuz