Kemenkumham RI Buka Pendaftaran CPNS

98

Sekjen Kemkumham RI Komjen Pol Andap Budhi Revianto, S.ik, MH. Limitnews.net/Tomson

JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia  (Kemenkumham) RI membuka pendaftaran bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2021, yang dibuka sejak 30 Juni-21 Juli 2021. Jumlah CPNS yang dibutuhkan sebanyak  4.558 orang yang  terdiri dari 253 tenaga kesehatan dan 4.305 tenaga teknis.

“Kemenkumham RI memanggil putra putri terbaik bangsa untuk bergabung menjadi insan pengayoman sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN),” ujar Sekretaris Jenderal (Srekjen) Kemenkumham RI  Komjen Pol. Andap Budhi Revianto, S.iK, MH kepada radaronline.id, melalui relis yang diterima redaksi, Jumat (2/7/2021).

Sekjen Kemenkumham,  Andap Budhi Revianto menjelaskan formasi tenaga kesehatan diperuntukkan bagi jabatan dokter, perawat, dan bidan. Sementara itu formasi tenaga teknis diperuntukkan bagi jabatan pranata komputer, analis hukum, dan pembimbing kemasyarakatan bagi jenjang pendidikan D-3, S-1, dan S-2. Dia juga menambahkan ada pula jabatan penjaga tahanan serta pemeriksa keimigrasian bagi jenjang pendidikan SMA.  

Lebih lanjut, Sekjen menyampaikan bahwa Kemenkumham membuka formasi umum, formasi lulusan terbaik atau cumlaude, dan formasi disabilitas. Peserta yang memilih formasi cumlaude akan memiliki persyaratan tersendiri. Demikian juga, bagi para penyandang disabilitas. 

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui peserta untuk dinyatakan lulus seleksi CPNS. Pertama, peserta dapat melakukan pendaftaran secara online melalui laman sscasn.bkn.go.id pada 30 Juni - 21 Juli 2021. Pada tahap ini, peserta diwajibkan membuat akun. Setelah berhasil membuat akun, peserta mengikuti seleksi administrasi dengan mengunggah dokumen sesuai persyaratan untuk diverifikasi oleh panitia. 

Seiring dengan diselenggarakannya pendaftaran online, tahap proses seleksi admnistrasi dan pengumumannya dilaksanakan sekitar tanggal 28 - 29 Juli 2021. Para calon peserta dapat secara langsung melihat apakah mereka lolos seleksi administrasi atau tidak dalam kurun waktu tersebut. Bagi calon peserta yang tidak lulus seleksi administrasi, diberikan kesempatan untuk melakukan sanggahan pada kisaran tanggal 30 Juli sampai 01 Agustus 2021. Panitia akan memberikan jawaban sanggah sekitar tanggal 30 Juli-08 Agustus 2021. 

Untuk mendapatkan kader yang berkualitas dan berintegritas, Kemenkumham berkomitmen menyelenggarakan seleksi CPNS secara profesional dan akuntabel. Peserta dihimbau untuk tidak percaya pada pihak-pihak manapun yang menawarkan bantuan dengan imbalan, karena setiap peserta akan dinilai berdasarkan kemampuannya masing-masing.

“Jika ada pihak yang menawarkan bantuan bisa meluluskan peserta, jangan percaya. Saya pastikan itu bohong,” tegas Sekjen. 

 

Penulis: Tomson

Category: JakartaTags:

limitnews
No Response

Comments are closed.