Kementerian KKP Apresiasi Aksi Berbenah Pelabuhan Muara Baru

Posted by : limitnew 12 Januari 2024 Tags : Kementerian KKP Apresiasi , Pelabuhan Muara Baru
Petugas kebersihan aksi bersih-bersih di kawasan Pelabuhan Muara Baru. Limitnews/Demson

JAKARTA – Inspektur II Inspektorat Jenderal (Itjen) Kememterian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia, Ir. Lufti  didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Perikanan Tangkap KKP, Trian Yunanda, S.Pi, M.Sc melakukan kunjungan ke Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman Jakarta atau Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara, Jumat (12/1/2024).

Menurut Kepala PPS Nizam Zachman Jakarta, Asep Saepulloh, kunjungan itu dalam rangka uji coba Implementasi Otomatisasi Pas Masuk System Cashless (Pas Masuk) Pelabuhan sekaligus memantau kegiatan penataan kebersihan kolam dan Kawasan pelabuhan bersama stakeholder-instansi terkait di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta.

“Inspektur II Inspektorat Jenderal KKP dengan Sekretaris Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap mengapresiasi kegiatan ini sebagai aksi perubahan pembenahan pelabuhan, dan diharapkan dapat dilakukan secara rutin dengan melibatkan seluruh stakeholder di Pelabuhan,” kata Kepala Pelabuhan, Asep Asepulloh.

BERITA TERKAIT: PPS Nizam Zachman Jakarta Berbenah Awal Tahun 2024

Dia menambahkan, bahwa awal tahun 2024, PPS Nizam Zachman Jakarta masif berbenah bersama stakeholder di kawasan Pelabuhan.

“Permulaan tahun 2024 menjadi energy baru bagi PPS Nizam Zachman Jakarta untuk melakukan resolusi pembenahan disegala lini. Pelabuhan Perikanan terbesar di Asia Tenggara ini terus memperbaiki wajah pelayanan public untuk memberikan kepuasan pelayanan bagi masyarakat. Kegiatan hari Jumat, kita turun kelapangan bersama stokeholder kepelabuhanan untuk bersama-sama membenahi pelabuhan,” ucap Asep Saepulloh.

Dia menjelaskan Implementasi otomatisasi Pas Masuk system cashless ini menyempurnakan pas masuk terdahulu.

“Jadi pas masuk ini dengan menggunakan E-many menggantikan kartu sebelumnya. Dengan sitym ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat tanpa perlu lagi menyiapkan uang tunai untuk membayar pas masuk  sehingga kedepan dapat mengurai kemacetan yang terjadi di jam sibuk, hal ini juga dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran uang PNBP yang seharusnya masuk menjadi pendapatan Negara,” ungkapnya.

BACA JUGA: Brigjen Hero Henrianto Pimpin Sertijab Kasubdit Intelair Ditpolair Baharkam Polri

Selain itu, PPS Nizam Zachman juga secara masif melakukan penataan kebersihan di kolam pelabuhan. Pelabuhan dengan luas area 110 hektar yang dibagai dua dengan luas kolam 40 Ha dan luas daratan 76 Ha akan memberikan nuansa baru yakni tujuan wisata, tidak hanya sekedar tempat berlabuhnya kapal-kapal ikan dan bongkar muat saja.

“Banyak program diawal 2024 ini yang dilakukan untuk meningkatkan kebersihan antara lain pembagian trashbag wadah sampah kepada kapal yang bongkar ataupun tambat sehingga awak kapal tidak membuang sampah ke kolam pelabuhan. Kapal yang akan melautpun diberikan trashbag wadah sampah agar awak kapal tidak membuang sampah di laut ketika mencari ikan dan saat kapal datang ke pelabuhan sampah-sampah itu harus dikumpulkan dan dilaporkan kepada petugas kesyahbandaran. Hal ini sejalan dengan 5 program prioritas KKP, Kegiatan ini diapresiasi sebagai aksi perubahan pembenahan pelabuhan dan diharapkan dapat dilakukan secara rutin dengan melibatkan seluruh stakeholder di Pelabuhan,” tutup Kalabu yang baru menjabat Desember 2023 itu.

 

Penulis: Demson

RELATED POSTS
FOLLOW US