PN Jakarta Utara Bersinergi dengan Wartawan Sosialisasi Inovasi Digitalisasi Pelayanan Publik

Kordinator Wartawan PN Jakarta Utara memberikan cendera mata kepada Humas PN Jakarta Utara Djuyamto, SH,MH dan Ketua PN Tumpal Sagala mengalungkan ID Card kepada Wartawan, Jumat, (14/1/2022)

01/14/2022 15:25:39

JAKARTA - Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara bersinergi dengan Wartawan mensosialisasikan inovasi digitalisasi pelayanan publik, Jumat (14/1/2022).

Sosialisasi dihadiri Ketua PN Jakarta Utara, Tumpal Sagala, SH, MH, Kepala Kejari Jakarta Utara I Made Sudarmawan, SH, MH, Wakapolres Pulau Seribu, Kompol. H. Jajang Hb S.Ag, M.Si, Kepala Kantor Imigrasi (Ka. Kanim) Kelas I TPI, Jakarta Utara, Sandi Andaryadi, Kadiskum Lantamal III, Letkol Laut (KH) Yopi Roberti Riry, SH, MH, Perwakilan dari Polres Jakarta Utara AKP Asnawi Hadi, Perwakilan Polres Tanjung Priok, Perwakilan Kantor Karantina Kementerian Pertanian dan juga dihadiri Ketua PWI Jaya, Said Iskandar yang sengaja diundang melalui Kordinatoriat Peliputan Wartawan PN dan Kejari Jakarta Utara.

Kegiatan sosialisasi dipandu langsung oleh Humas PN Jakarta Utara Djuyamto, SH, MH mendampingi Ketua PN dan Wakil Ketua PN Jakarta Utara dan tim ITnya.

Humas Djuyamto yang sebentar lagi akan dipromosikan menjadi hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengatakan bahwa untuk menanggapi tantangan kedepannya pada tahun 4.0 atau digitalisasi Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjawab dengan membangun aplikasi "siGESITTAPUS" guna mempermudah hubungan Antar Penegak Hukum (APH) dan masyarakat pencari keadilan yang selama ini terhambat karena jarak dan padatnya lalu lintas Jakarta.

Sementara Ketua PN Jakarta Utara Tumpal Sagala mengatakan, untuk mewujudkan Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang Agung, tentunya memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada pencari keadilan, meningkatkan kredibilitas dan transparansi di Pengadilan Negeri Jakarta Utara maka pengadilan membangun kemudahan pelayanan publik dengan aplikasi "siGESITTAPUS".

"Melalui aplikasi "siGESITTAPUS" para teman-teman APH, Kejaksaan, Kepolisian, Advokat dan Aparatur lainnya yang berkaitan dengan perkara sudah bisa membuka melalui aplikasi "siGESITTAPUS" ini. Baik itu mengenai perkara yang akan disidangkan, permohonan penyitaan barang bukti, pengiriman berkas perkara," ujar Tumpal Sagala.

Lebih jauh Tumpal Sagala menyampaikan bahkan untuk melakukan sidang virtual bisa dikoordinasikan melalui aplikasi tersebut.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jakarta Utara I Made Sudarmawan SH MH menyampaikan apresiasinya terhadap inovasi pengadilan. Dia mengakui bahwa Kejaksaan sudah memiliki aplikasi pelayanan publik tapi belum secanggih milik pengadilan.

"Saya jadi cemburu nih pak Ketua. Tetapi juga menjadi pembelajaran buat kami untuk meningkatkan pelayanan," ujar Kajari I Made Sudarmawan memuji inovasi digitalisasi yang dibangun pengadilan.

Disela sosialisasi, Koordinator Wartawan PN Jakarta Utara memberikan kenangan kepada Humas PN Jakarta Utara Djuyamto, SH, MH yang sudah dipromosikan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Kami mengucapkan terimakasih banyak atas bimbingan Pak Djuyamto kepada kami (Wartawan) selama menjadi Humas. Secara hukum kami selalu berkoordinasi jika berkaitan dengan pemberitaan. Semoga nanti pengganti beliau juga bisa sebagai pembimbing kami kedepan. Cendera mata inilah yang bisa kami berikan sebagai ucapan terimakasih kami," ujar Thomson Gultom saat memberikan cendera mata.

Terakhir Ketua PN Jakarta Utara Tumpal Sagala mengibaratkan bahwa PN Jakarta Utara ibarat seorang gadis yang selalu bersolek sehingga begitu cantiknya, tetapi hanya tinggal di kamar dan tidak pernah keluar rumah, sehingga kecantikannya tidak dinikmati orang lain. Demikian juga dengan PN Jakarta Utara selalu berinovasi tetapi tak pernah dilihat orang lain.

"Untuk itulah kami mau keluar sekarang mensosialisasikan diri dengan mengundang bapak ibu sekalian terlebih para wartawan, supaya kecantikan kami ini dapat dilihat dan diketahui publik dan dimanfaatkan. Seberapa canggihnya Pelayanan publik yang kami bangun jika tidak diketahui masyarakat dan dimanfaatkan maka akan tidak besar  manfaatnya," pungkasnya.

 

Penulis: Herlyna

Category: JakartaTags:

limitnews
No Response

Comments are closed.