Renovasi Total PN Jakarta Utara Diduga Sarat KKN, Plafon Gedung Runtuh

Posted by : limitnew 30 November 2023 Tags : Proyek Gedung PN Jakarta Utara
Proyek renovasi total pembangunan PN Jakarta Utara. Limitnews.net/Herlyna 

11/30/2023 13:43:49 

JAKARTA – Pembangunan Gedung Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara diduga sarat dengan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), akibatnya realisasi pembangunan tidak sesuai bestek, yang berujung disejumlah bagian ruangan plafon gedung runtuh, dan plumbing atau instalasi perpipaan air dipasang asal jadi sehingga gedung berlantai empat itu bocor dimana-mana, dan bahkan ada sejumlah kamar mandi yang banjir.

Diduga, amburadulnya pembanguan gedung PN Jakarta Utara itu karena salah urus, alias salah dari pada perencanaannya. Renovasi total pembangunan gedung PN Jakarta Utara ini terdiri dari lima tahap, padahal hanya empat lantai saja.

BACA JUGA: KPK Tetapkan Dua Tersangka Kasus Proyek Toilet Rp 96 Miliar di Bekasi

Saat rubuhnya sejumlah plafon gedung, pemberitaan menjadi viral, dan kemudian ada salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Jakarta yang membuat laporan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Utara, dan menurut informasi yang didapatkan media ini, sejumlah pejabat di jajaran Mahkamah Agung yang berkaitan dengan penggunaan anggaran pembangunan gedung PN Jakarta Utara, yang runtuh itu, sudah dimintai keterangan, termasuk para pemborong (pemenang tender/pelaksana).

Bahwa seuai dengan informasi yang didapatkan media ini dari berbagai sumber, bahwa pemborong dan pemenang atau pelaksana hanyalah boneka, yang mengendalikan proyek adalah salah satu mantan Ketua MA, yang berasal dari Sulsel. Sebagaimana diketahui bahwa perusahaan pelaksana pembangunan Gedung PN Jakarta Utara itu berkantor di daerah Sulawesi Selatan, sehingga wartawan Jakarta kesulitan melacak keberadaan kantor-kantor pemenang tender tersebut.

Ternyata, semangat antikorupsi jajaran Kejaksaan RI menjadi kendur dan bahkan cenderung tumpul karena diduga berkaitan dengan mantan Ketua MA. Terlebih, Kejaksaan Negeri Jakarta Utara adalah mitra kerja sehari-hari Pengadilan Negeri Jakarta Utara dalam prose penegakan hukum.

Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung (MA), Dr. H. Sobandi, S.H., M.H. Sobandi ketika dikonfirmasi terkait dugaan KKN dalam pembangunan PN Jakarta Utara, tidak menjawab.

“Silahkan konfirmasi ke juru bicara PN Jakarta Utara,” ujar Humas MA dr. Sobandi by chat aplikasi WhatsApp, Kamis (30/11/2023).

Sementara Humas PN Jakarta Utara Maryono, SH, MH mengatakan bahwa plafon gedung PN Jakarta Utara yang rubuh itu sudah diperbaiki. Sementara biaya untuk memperbaikinya itu, katanya, tidak diketahuinya.

Demikian juga terkait serah terima Gedung dari pemborong ke Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek pembangunan Gedung PN Jakarta Utara, Humas Mariyono juga belum mendapat informasi.

“Terkait adanya penyidikan di kejaksaan sampai saat ini saya belum mengikutinya, apalagi adanya dugaan KKN, saya tidak faham,” ujar Humas PN Jakarta Utara, Mariyono, SH, MH, Kamis (30/11/2023).

BACA JUGA: MSPI Minta Kakanwil Sumsel Copot Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Muba Ahmad Aminullah

Sementara itu Ketua Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, Khamim Tohari, SH M.Hum juga mengeluhkan kondisi gedung yang di tempatinya.

“Kita sedang berbenah menata ruangan PN Jakarta Utara yang baru ditempati awal tahun 2023 ini, guna memberikan pelayanan publik yang baik. Saya baru dua bulan menjabat dan sudah membahas sejumlah kebutuhan yang menjadi prioritas pelayanan publik dan kebutuhan persidangan,” kata Khamim Tohiri kepada wartawan saat baru dilantik menjadi Ketua PN Jakarta Utara pada Mei 2023.

Sementara Kajari Jakarta Utara, Atang Pujiyanto, SH, MH ketika dikonfirmasi terkait proses penyelidikan yang dilakukan Kejaksaan terhadap dugaan KKN dalam pembangunan Gedung PN Jakarta Utara, belum menjawab.

 

 

 

Penulis: Demson/Herlyna

RELATED POSTS
FOLLOW US