Terkait Pandora Papers, ProDEM Desak KPK Sidik dan Tangkap Luhut dan Airlangga

Ilustrasi. Limitnews.net/Istimewa

10/05/2021 13:33:20

BEKASI – Jaringan Aktivis ProDemokrasi (ProDEM) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera menyidik dan menangkap Luhut Binsar Pandjaitan dan Airlangga Hartarto. Hal itu disampaikan ProDEM terkait adanya adanya bocoran dokumen finansial rahasia yang menguak kesepakatan bisnis dan kepemilikan perusahaan di negara suaka pajak, dan sedikitnya ada dua menteri Presiden Joko Widodo yaitu Luhut Binsar Pandjaitan dan Airlangga Hartarto muncul dalam dokumen Pandora Papers.

Menurut Ketua Majelis ProDEM Iwan Sumule, adanya dokumen yang berasal dari 14 agen pengatur perusahaan cangkang, yang merupakan hasil investigasi dan liputan kolaborasi yang dipimpin oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ), lembaga jurnalisme investigasi nonprofit yang berbasis di Washington, DC.

“Suatu yang ironi disaat pandemi, ketika ekonomi rakyat dan negara sedang terpuruk, utang negara menggunung, korupsi merajalela, besarnya defisit keuangan negara, dan pendapat negara dari pajak jauh dari target, sedangkan rakyat jadi korban penghisapan, dibebani berbagai pungutan pajak, sementara para menteri atau pejabat negara justru menghindar untuk membayar pajak, bahkan disinyalir melakukan kejahatan pencucian uang (money laundry) di negara suaka pajak,” kata Iwan Sumule melalui pernyataannya diterima limitnews.net, Selasa (5/10/2021).

Menyoal dan menyikapi hal tersebut diatas, maka ProDEM akan melakukan Aksi Geruduk KPK, pada Rabu, 6 Oktober 2021, Jam: 12.00 Wib di Gedung KPK RI, Jl. Jalan HR Rasuna Said Kav C-22, Kuningan, Jakarta Selatan.

“ProDEM meminta dan mendesak KPK, agar segera mengusut skandal kejahatan perpajakan dan money laundry yang dikuak dalam dokumen Pandora Papers. ProDEM juga meminta dan mendesak KPK segera menyidik dan menangkap Luhut Binsar Pandjaitan dan Airlangga Hartarto,” tegas Iwan Sumule.

Hingga berita ini dipublikasikan, limitnews.net belum bisa meminta tanggapan Luhut dan Airlangga.

 

Penulis: Olo Siahaan

Category: JakartaTags:

limitnews
No Response

Comments are closed.