Tim Gakkum KLH Ambil Sampel Limbah B3 di Halaman Muara Baru Center




Tim Gakkum KLH dan Sudin LH Jakarta Utara, mengambil sampel limbah B3 di MBC, Rabu, (20/4/2022). Limitnews.net/Herlyna

04/20/2022 18:17:10

JAKARTA - Tim Penegakan Hukum (Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) turun ke Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta (PPSNZJ) atau Pelabuhan Muara Baru mengambil sampel limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang berada di halaman parkir di Muara Baru Center (MBC), Rabu (20/4/2022).

Tim Gakkum KLH yang berjumlah 4 orang itu didampingi dari Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara, UPT Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman Jakarta dan PT. Perindo (Persero) Pusat, guna menindak lanjuti penyegelan CV Indo Pacific dan Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL) UPT PPS Nizam Zachman.

Tim Gakkum mengambil sampel dari tiga titik yang kemudian dilakukan tester yang selanjutnya dimasukkan ke dalam thermos.

“Hasilnya nanti setelah adanya pemeriksaan laboratorium. Ini kita baru mengambil sampel saja,” ujar salah seorang anggota tim yang tidak mau menyebutkan namanya.

BERITA TERKAIT: PT Perindo Bungkam Terkait CV Indo Pacific Diduga Buang Limbah Sembarangan

BERITA TERKAIT: Cemari Lingkungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan Segel Usaha Pengolahan Ikan di Muara Baru

Ketika ditanya terkait penyegelan IPAL UPT PPS Nizam Zachman Jakarta Tim Gakkum itu tidak bersedia menjawab.

Seperti diketahui sebelumnya pada Tgl 8 April 2022 Ketua Komisi IV DPR-RI dan Kementerian Lingkungan hidup melakukan penyegelan terhadap  CV Indo Pacific karena diduga membuang limbah sembarangan.

BACA JUGA: Kejagung Tetapkan Empat Tersangka Mafia Minyak Goreng

BACA JUGA: Hakim Hotnar Simarmata ‘Bebaskan’ Terdakwa Reymond Putra dari RUTAN

Sementara penyegelan terhadap IPAL UPT PPS Nizam Zachman Jakarta belum ada penjelasan.

“Kami juga tidak tahu apa alasannya IPAL kita di segel. Kita ikuti saja dulu perkembangan apakah nanti kegiatan dibekukan, kita tunggu saja dulu mungkin tanggal 23 ini sudah ada keputusan,” ujar Kepala UPT PPS Nizam Zachman Jakarta Bagus Oktori Sutrisno ketika dikonfirmasi, sebelum Tim Gakkum KLH melakukan pengambilan sampel limah B3 di MBC.

Penulis: Herlyna

Category: Jakarta
limitnews
No Response

Comments are closed.