Ada Ganjar Siaran Azan di Televisi, Politisi PSI Ade Armando Sebut Kampanye Terang-terangan

Posted by : limitnew 12 September 2023 Tags : Ade Armando , Politisi PSI Ade Armando
Ade Armando (tengah) bersama Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie dan Ketum PSI Giring Ganesha. Limitnews/Istimewa

09/12/2023 06:34:22

JAKARTA – Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Ade Armando menyebut kemunculan bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo dalam siaran azan di televisi RCTI merupakan kampanye secara terang-terangan.

“Kalau anda mau menyebutnya sebagai kampanye terselubung, kalau saya sih menganggap itu sebagai kampanye terang-terangan,” kata Ade Armando usai menghadiri acara di Rumah Besar Relawan Prabowo 08 di Kawasan Slipi, Jakarta Barat, Senin (11/9/2023).

BACA JUGA: Kader PSI Helmy Yahya Hadiri Projo Jateng Dukung Bacapres Prabowo Subianto

Ade Armando yang maju sebagai Caleg DPR RI dari PSI di Dapil DKI Jakarta 2 meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan luar negeri itu mengaku tidak meragukan kereligusan Ganjar. Namun, dia menilai tidak tepat jika kereligusan itu ditampilkan dalam siaran azan.

“Setahu saya memang dia sosok religius, tapi jangan muncul di azan karena aturannya spesifik di dalam azan tidak boleh ada iklan, itu yang menurut saya bermasalah,” tegas Ade.

Menurut dia, stasiun televisi seharusnya turut menampilkan ketiga bakal capres baik Ganjar, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan, jika memang siaran azan itu bukan bentuk kampanye. Dia menilai langkah itu lebih adil dan menunjukan netralitas stasiun televisi.

“Stasiun televisi harusnya tahu kok aturan itu yang mengatakan anda tidak boleh menggunakan siaran anda untuk kepentingan politik anda, anda tuh harus bersikap netral kepada semua calon presiden,” ujar dia.

Ganjar Pranowo menjadi perbincangan setelah muncul di siaran azan pada salah satu televisi swasta. Tayangan tersebut dinilai sebagai kampanye terselubung oleh beberapa pihak.

Dalam video tersebut, tayangan azan magrib itu dibuka dengan pemandangan alam Indonesia. Kemudian, Ganjar muncul menyambut jemaah yang akan salat.

Ganjar tampak mengenakan baju koko berwarna putih, peci hitam dan sarung batik. Dia menyalami dan mempersilakan jemaah yang datang untuk masuk ke masjid. Ganjar juga muncul saat sedang melakukan wudu sebelum salat. Ganjar duduk di saf depan sebagai makmum.

KPI Minta Klarifikasi

Sebelumnya, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meminta stasiun televisi swasta yang menyiarkan tayangan azan dengan memunculkan bakal calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo, memberikan klarifikasi.

BACA JUGA: Bacawapres Cak Imin Janjikan Dana Desa Naik Jadi Rp 5 Miliar per Desa

Komisioner bidang Pengawasan Isi Siaran KPI Aliyah mengatakan KPI sudah mengirimkan surat ke stasiun televisi tersebut yang isinya bertanya tentang kesediaan waktu klarifikasi.

“Kami tengah lakukan kajian terhadap hal tersebut dan kami minta segera klarifikasi Lembaga Penyiaran yang menayangkan,” kata Aliyah yang juga menyatakan pihaknya kini menunggu respons surat tersebut, Sabtu (9/9/2023).

 

 

 

 

Penulis: Olo       

RELATED POSTS
FOLLOW US