Biar Jelas, Jokowi Tunjukkan Print-an UU Pemilu Presiden Boleh Kampanye

Posted by : limitnew 26 Januari 2024 Tags : Jokowi Tunjukkan Print-an , Presiden Boleh Kampanye
Presiden Jokowi menunjukkan print kertas besar UU Pemilu Presiden boleh kampanye. Limitnews/Istimewa

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pernyataannya beberapa waktu lalu mengenai Presiden boleh berkampanye, dilontarkan untuk menjawab pertanyaan wartawan dan sesuai ketentuan Undang-Undang (UU).

Presiden Jokowi bahkan menunjukkan print-an kertas besar UU Pemilu yang memperbolehkan Presiden berkampanye.

“Itu kan ada pertanyaan dari wartawan mengenai menteri boleh kampanye atau tidak, saya sampaikan ketentuan dari peraturan perundang-undangan,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan yang disampaikan melalui video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/1/2024).

BERITA TERKAIT: Menggoreng atau Membangun Narasi Negatif Presiden Boleh Kampanye

Presiden kemudian menunjukkan sebuah kertas yang menunjukkan ketentuan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Ini saya tunjukkin (menunjukkan kertas). Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 jelas menyampaikan di pasal 299 bahwa presiden dan Wakil Presiden mempunyai hak melaksanakan kampanye, jelas?,” ujar Presiden.

Dia menegaskan apa yang disampaikannya beberapa waktu lalu terkait Presiden boleh melakukan kampanye adalah ketentuan yang ada dalam UU Pemilu.

“Itu yang saya sampaikan ketentuan mengenai UU Pemilu. Jangan ditarik ke mana-mana. Kemudian juga pasal 281 juga jelas, bahwa kampanye, pemilu yang mengikutsertakan Presiden dan Wakil Presiden harus memenuhi ketentuan, tidak menggunakan fasilitas dalam jabatan, kecuali fasilitas pengamanan, dan menjalani cuti di luar tanggungan negara,” tegasnya.

BERITA TERKAIT: KPU RI: UU Pemilu Perbolehkan Presiden dan Menteri Ikut Kampanye

Jokowi juga kembali meminta agar pernyataannya beberapa waktu lalu tidak ditarik atau diinterpretasikan ke mana-mana, karena dirinya hanya menyampaikan ketentuan perundang-undangan.

“Sudah jelas semuanya kok. Jadi sekali lagi jangan ditarik ke mana-mana, jangan diinterpretasikan ke mana-mana, saya hanya menyampaikan ketentuan aturan perundang-undangan, karena ditanya,” kata Jokowi.

 

Penulis: Olo

RELATED POSTS
FOLLOW US