HUT Ke-51 PDIP Dipastikan Tanpa Kehadiran Presiden Jokowi

Posted by : limitnew 8 Januari 2024 Tags : HUT Ke-51 PDIP , HUT PDIP Tanpa Jokowi
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPR RI Puan Maharani saat acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 PDI Perjuangan di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/1/2023). Limitnews/Istimewa

JAKARTA – Perayaan HUT Ke-51 PDI Perjuangan yang diperingati 10 Januari 2024 dipastikan tanpa kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pasalnya pada 9-14 Januari 2024, Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke tiga negara ASEAN.

“Pada tanggal 9 sampai dengan 14 Januari 2024, Presiden diagendakan kunjungan ke tiga Negara, Vietnam, Filipina dan Brunei Darussalam,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada awak media, Senin (8/1/2024).

Soal mengapa kunjungan ke luar negeri itu bertepatan dengan perayaan HUT Ke-51 PDI Perjuangan yang diperingati 10 Januari 2024, Ari mengatakan persiapan kunjungan ke tiga negara tersebut sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu.

BACA JUGA: Jammika Kota Bekasi Nilai Tri Adhianto Lebih Pentingkan Pilkada Ketimbang Capres

Dia menyampaikan tujuan utama kunjungan ke tiga negara adalah untuk memperkuat/mempererat hubungan persahabatan dan kerjasama antara Indonesia dengan tiga negara tersebut.

“Penjelasan tentang makna strategis kunjungan ke tiga negara tersebut akan disampaikan oleh Bapak Presiden sebelum keberangkatan. Dan agenda kunjungan di tiga negara, detailnya akan di-update oleh Bu Menlu,” ujarnya.

Menurut Ari Presiden dijadwalkan bertolak Selasa sore tanggal 9 Januari 2024.

“(Selasa) Paginya, Bapak Presiden masih memimpin Sidang Kabinet Paripurna,” kata Ari.

Diundang Pasti Gak Datang

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat menyebut jika PDIP mengundang, Jokowi tak akan hadir lantaran memiliki agenda kunjungan ke luar negeri. Djarot mengatakan pihaknya sudah mendengar informasi Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke luar negeri.

“Ini, ulang tahunnya ini betul-betul kembali ke rakyat ya. Dilakukan secara sederhana ya, apalagi sekarang masa kampanye, masa Pemilu. Dan Pak Jokowi kita tahu, itu kita dengar informasi bahwa beliau mau ke luar negeri,” ujar Djarot ditemui usai debat Pilpres ketiga, Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024).

BACA JUGA: Presiden Jokowi Resmi Berhentikan Firli Bahuri Sebagai Ketua KPK

Djarot mengatakan sepengetahuan pihaknya, Jokowi memiliki kunjungan ke luar negeri di tanggal tersebut. Ia menyebut kalaupun partai mengundang, sudah dipastikan tak bisa datang.

“Diundang pun pasti beliau nggak bisa hadir ya. Jadi kita mengadakan ini sangat sederhana yang betul-betul menyatu dengan rakyat, maka kegiatan ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia sampai dengan tingkat DPC, PAC dan ranting,” ungkapnya.

Penulis: Redaksi

RELATED POSTS
FOLLOW US