Kapolda Sumut Diminta Sidak Galian C di Kabupaten Dairi

136




Ilustrasi. Limitnews.net/Istimewa

08/26/2022 11:32:56

KARO – Oknum di Polda Sumut diduga bekingi praktik Galian C jenis Dolomit di Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Untuk itu, Kapolda Sumut Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak turun langsung ke praktik Galian C diduga berlokasi di Lau Gunung dan Kuta Buluh, Kabupaten Dairi.

“Kapolda Sumut Irjen Polisi Panca Simanjuntak harus melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi Galian C tersebut untuk membuktikan apakah ada perusakan lingkungan atau tidak, sekaligus juga membuktikan apakah Galian C itu dibekingi anak buahnya atau tidak,” kata Direktur Hubungan Antar Kelembagaan (Dirhubak) LSM Monitoring Saber Pungli Indonesia (MSPI), Thomson Gultom saat dimintai tanggapannya, Jumat (26/8/2022).

BERITA TERKAIT: Walhi Diminta Investigasi Praktik Galian C di Kabupaten Dairi

Terlebih kata Thomson, bahwa Polda Sumut telah pernah turun ke lapangan, tapi sesudahnya praktik Galian C itu masih tetap beroperasi patut dipertanyakan.

“Polri tengah menjadi sorotan publik khususnya Polda Sumut yaitu Irjen Panca Simanjuntak yang sempat jadi perbincangan publik dalam kasus Irjen Ferdy Sambo yang baru saja dipecat sesudah sidang kode etik,” tandasnya.

BERITA TERKAIT: Galian Batu Dolomit di Lau Lebah Dairi Berpotensi Sebabkan Longsor dan Banjir Bandang

Sebelumnya, sumber limitnews.net menyebutkan, bebasnya praktik Galian C tersebut dalam janga waktu panjang akan berpotensi merusak lingungan mengakibatkan longsor dan banjir bandang.

“Tiap hari puluhan mobil damtruk keluar masuk ke lokasi galian mengangkut batu Dolomit. Kinerja Polda Sumut patut dipertanyakan,” kata sumber tersebut, Jumat (19/8/2022) pagi.

 

 

Penulis: Olo Siahaan

Category: NASIONALTags:
limitnews
No Response

Comments are closed.