MSPI Siap Bongkar Mafia Tanah

Posted by : limitnew 8 April 2023 Tags : MSPI , MSPI Siap Bongkar Mafia Tanah
Menteri ATR/BPN-RI Hadi Tjahjanto. Limitnews/Istimewa

04/08/2023 06:51:22

JAKARTA – Guna membongkar mafia tanah di lingkungan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pemprov DKI Jakarta, Menteri ATR/BPN-RI Hadi Tjahjanto diminta menanggapi permohonan audiensi Monitoring Saber Pungli Indonesia (MSPI) yang akan menghadirkan fakta-fakta keterlibatan sejumlah pihak untuk ditindaklanjuti melalui prosedur hukum.

“Kita sudah mengirimkan surat kepada bapak Menteri ATR/BPN-RI melalui surat Nomor: 015 / Permohonan-Audensi / III / 2023 / Jkt, 28 Maret 2023, yang diterima Menteri Tgl 30 Maret 2023,” kata Direktur Hubungan Antar Kelembagaan (Dirhubag) MSPI Thomson Gultom, Sabtu (8/4/2023).

BACA JUGA: Tolak Timnas Israel, Elektabilitas Ganjar Pranowo Melorot

Dia mengatakan, bahwa setelah dicek surat tersebut (Rabu, 5 Maret 2023), disposisi surat sudah sampai ke Kepala Biro Humas.

“Tadinya kita berharap surat tersebut langsung ditanggapi Menteri sendiri agar kerahasiaan surat terjamin. Karena dalam surat tersebut sangat jelas kita sampaikan bahwa ditataran pejabat ATR/BPN-RI kasus ini sudah tidak ditanggapi karena adanya dugaan keterlibatan oknum-oknum Kementerian,” ujar Thomson.

Lebih jauh Thomson mengatakan bahwa yang akan membongkar kasus ini adalah salah satu Pegawai Negeri Sipil (PNS) BPN aktif.

“Kita menjaga kerahasiaan narasumber yang akan kita hadirkan untuk membuka jaringan mafia tanah di BPN-RI. Jadi, sindikat ini ada yang memodali dengan memanfaatkan orang dalam. Sindikat ini terstruktur dengan baik sehingga dapat memalsukan tandatangan,” ungkap Dirhubag MSPI itu.

BACA JUGA: Ketua PMII Kota Bekasi Ancam Demo Kantor Bawaslu dan DKPP Terkait Kasus ‘Ngamen Bareng Bro Giring’

Thomson mengatakan bahwa untuk membongkar jaringan mafia tanah ini harus ada intervensi Menteri. Karena ditingkat Polda diduga sudah dikuasai mafia.

“Kita berharap kepada Bapak Menteri Jenderal Purn TNI Hadi Tjahjanto yang telah ditunjuk Bapak Presiden RI untuk memberantas mafia tanah bertindak tegas terhadap mafia tanah. Mumpung beliau masih baru menjabat tentunya masih belum terkontaminasi,” tegas Thomson.

 

 

 

Penulis: Herlyna              

RELATED POSTS
FOLLOW US