PSI Minta PPATK Umumkan Partai Politik Terlibat Transaksi Janggal Triliunan Rupiah

Posted by : limitnew 17 Desember 2023 Tags : PSI Minta PPATK , Raja Juli Antoni , Transaksi Janggal
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSI Raja Juli Antoni. Limitnews/Istimewa

PATI – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meminta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk mengumumkan kepada publik terkait partai politik mana yang diduga terlibat dalam transaksi janggal yang mencapai triliunan rupiah selama proses Pemilu 2024.

Permintaan itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSI Raja Juli Antoni merespon pernyataan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto yang menyebutkan ada partai yang jumlah balihonya lebih banyak dari pengurusnya.

“PSI partai terbuka, partai transparan, siap justru untuk adu data. Semua laporan keuangannya kampanye itu pasti akan dipublished oleh PSI. Apalagi kalau yang minta PPATK. Ya, kita akan sampaikan,” kata Raja Juli saat mendampingi Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Minggu (17/12/2023).

“Tapi PPATK kan melacak itu. Jadi, saya setuju sekali. Buka-bukaan saja, akan kelihatan siapa partai yang paling banyak APK-nya dan mungkin ada transaksi dana ilegal,” sambung Raja Juli.

BACA JUGA: Indometer: Elektabilitas Prabowo-Gibran 50,8 Persen

Terkait jumlah baliho, Raja Juli meminta pihak yang menyebut ada partai yang jumlah balihonya lebih banyak dari pengurus untuk membaca survei.

“Mesti baca beberapa survei,” kata Raja Juli.

Terkait hal itu, Raja Juli menekankan beberapa hal. Pertama bahwa sejak Kaesang menjadi Ketua PSI, dia merasa bahwa PSI bukan lagi partai kecil dengan pengurus yang sedikit.

“Pengurus kami sudah sampai ke kecamatan-kecamatan sampai di desa. Jadi, jumlah pengurusnya (kami) juga lebih banyak,” katanya.

Dia kemudian menyebutkan survei indikator yang menunjukkan bahwa partai dengan jumlah APK paling banyak justru PDIP.

“Menurut survei indikator, APK paling banyak itu namanya partainya PDIP. PSI urutan ke-11. Jadi, ada baiknya survei itu dibaca,” ujarnya.

Seperti diketahui, Kaesang Pangarep dan DPP PSI melakukan safari politik ke 12 kota di Jawa Tengah (Jateng) dari 16-20 Desember 2023 untuk mendengar aspirasi masyarakat di daerah tersebut.

BACA JUGA: Pasca Debat Capres, Anggawira Bongkar ‘Ordal’ Anies Saat Menjabat Gubernur DKI Jakarta

Sejak menjabat sebagai Ketua Umum PSI, Kaesang gencar melakukan safari politik ke sejumlah daerah di Tanah Air.

Sebelum ke Jateng, Kaesang juga melakukan safari politik ke Medan, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Manado, Sulawesi Utara, Bandung, Jawa Barat, beberapa daerah di Jawa dan Jakarta.

 

 

Penulis: Olo

RELATED POSTS
FOLLOW US