Resmi, Anies-Cak Imin Pasangan Pertama Deklarasi Bacapres-Bacawapres 2024

Ketum NasDem Surya merangkul Bacapres Anies Baswedan dan Bacawapres Muhaimin Iskandar saat deklarasi di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (2/9/2023). Limitnews/Istimewa

09/02/2023 16:15:29

BEKASI – Anies Baswedan (Anies) dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menjadi pasangan yang pertama lengkap mendeklarasikan diri sebagai bakal calon presiden (Bacapres) dan bakal calon wakil presiden (Bacawapres) pada Pemilu 2024 di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (2/9/2023).

Dalam deklarasi itu tampak dihadiri oleh Ketum Partai NasDem Surya Paloh hingga Waketum NasDem Ahmad Ali. Sementara itu, hadir pula Sekjen PKB Hasanuddin Wahid hingga Waketum PKN Jazilul Fawaid.

“Insyaallah ketika KPU membuka pendaftaran calon presiden dan wakil presidennya, Insyaallah pasangan yang pertama mendaftar adalah pasangan yang kita miliki hari ini,” kata Surya Paloh.

BACA JUGA: Ini Alasan Budiman Sudjatmiko Sebut PDIP Keliru Usung Ganjar Capres

Seketika teriakan ‘Amin’ pun menggema usai Surya Paloh mendeklarasikan Anies-Cak Imin.

Surya Paloh kemudian meminta para kader NasDem dan PKB serta para pendukung yang hadir untuk memberikan tepuk tangan kepada Anies dan Cak Imin. Saat itulah teriakan ‘Amin’ menggema.

“Kita berdiri memberikan aplaus kepada mereka berdua,” ujar Surya Paloh yang diikuti berdirinya Anies dan Cak Imin serta para pendukung.

“Amin, Amin, Amin, Amin, Amin, Amin,” teriak para pendukung Anies-Cak Imin.

Cucu Pejuang Kemerdekaan

Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sekaligus Bacawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan dirinya dan bacapres Anies Baswedan memiliki latar belakang yang sama. Selain sama-sama alumni Universitas Gadjah Mada, keduanya merupakan cucu pahlawan bangsa.

Hal tersebut disampaikan Cak Imin menjelang deklarasi keduanya sebagai bakal capres dan cawapres di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (2/9/2023). Cak Imin mengaku kagum pada sosok bacapres Anies Baswedan.

“Saya dengan Mas Anies ini kagum, bukan karena pemikiran, gagasan, dan langkah perjuangan. Saya menyaksikan perjalanan intelektual Mas Anies jadi inspirasi semua,” kata Cak Imin di lokasi deklarasi di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (2/9/2023).

Cak Imin berujar Anies merupakan cucu Abdurrahman Baswedan (Ar Baswedan), yang merupakan seorang pejuang bangsa. Kala itu, Abdurrahman tak gentar memperjuangkan kemajuan bangsa.

“Mas Anies juga cucu dari pejuang kemerdekaan bangsa kita, Pak Ar Baswedan, yang berkomitmen membela bangsa negara. Terus berjuang memerintahkan sengitnya untuk tidak pernah lelah mencintai serta memajukan bangsa Indonesia,” jelasnya.

BACA JUGA: Bocorkan Nama Pj Gubernur, Ngabalin Lampaui Kewenangan Mendahului Presiden

Sama halnya dengan Anies, Cak Imin merupakan cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Bisri Syansuri, yang sama-sama memperjuangkan kemerdekaan dengan kakek Anies.

“Sama seperti saya, saya cucu cicit Almukarrom Bisri Syansuri, yang juga berjuang untuk kemerdekaan bahkan menjadi Kepala Staf Markas Ulama di Surabaya ini untuk menjadi posko pengusiran para penjajah,” ucapnya.

Cak Imin meyakini garis sejarah yang sama-sama dimiliki keduanya menjadi amanat meneruskan perjuangan pendahulunya. Dia lantas memohon restu kepada kiai dan ulama untuk maju bersama Anies Baswedan dalam kontestasi Pilpres 2024.

 

 

 

 

 

Penulis: Olo

RELATED POSTS
FOLLOW US