Sekjen PDI Perjuangan: Tunda Pemilu akan Menciptakan Krisis




Ilustrasi. Limitnews.net/Istimewa

03/09/2022 18:08:12

SEMARANG - Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan tidak menginginkan penundaan Pemilu 2024 karena pihaknya khawatir akan menciptakan krisis. Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto usai memberikan pidato ilmiah dalam upacara wisuda Unnes di Semarang, Rabu (9/3/2022).

"Dalam berpolitik, bangsa ini harus kokoh memegang konstitusi. Di dalam konstitusi ada roh, ada jiwa yang mengatur kehidupan bersama sebagai bangsa," kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Menurut Hasto, penundaan pemilu yang berimplikasi pada perpanjangan masa jabatan presiden dan wakil presiden tidak senapas dengan budaya membangun demokrasi yang sehat.

"Kita sudah melakukan mekanisme periode 5 tahunan kepemimpinan, mulai dari bawah ke atas. Ketika kultur tersebut dirombak, akan menciptakan krisis," ujar dia.

BACA JUGA: Kejaksaan Tingkatkan Penyelidikan ke Penyidikan Proyek Mangkrak Hotel Kuansing

BACA JUGA: Demo Kemenag, Ratusan Massa GIBAS Desak Presiden Jokowi Copot Menteri Agama

BACA JUGA: Anggota DPRD Sumut JTP Minta Kabid Tidak Buang Badan Terkait Dugaan Pungli di Bimas Kristen Kemenag Asahan

Ditekankan Hasto, bahwa penundaan Pemilu 2024 tidak diinginkan PDI Perjuangan. Hasto mengutarakan bahwa penundaan pemilu bukan masuk dalam kategori kepentingan yang memaksa yang harus melakukannya.

Ia menyebut masih banyak kepentingan lain yang mendesak dan membutuhkan perhatian, seperti dampak dari perang Rusia dan Ukraina serta kesiapan Indonesia dalam Presidensi G20.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah tokoh mengusulkan penundaan pelaksanaan Pemilu 2024. Salah satunya disampaikan Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar yang mengusulkan penundaan jadwal pelaksanaan pemilu selama 1 tahun atau 2 tahun agar momentum perbaikan ekonomi tidak hilang dan tidak terjadi pembekuan ekonomi.

 

Penulis: Martini

Category: NASIONALTags:
limitnews
No Response

Comments are closed.