Setiap Tahun, 15-20 Wisatawan Pria Muda Tenggelam di Sungai Aare Swiss




Wisatawan berenang di Sungai Aare di Bern, Swiss. Limitnews/Istimewa

05/29/2022 09:16:50

JAKARTA – Pencarian hari ketiga, Sabtu (28/5/2022) putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khanz Mumtadz alias Eril belum juga ditemukan yang tenggelam di Sungai Aare di Bern, Swis. Dilansir dari situs swissinfo.ch, pada tahun 2013 setidaknya ada 24 orang tenggelam di Sungai Aare. Mayoritas korbannya adalah pria muda.

Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman D Hadad juga membenarkan setidaknya ada 15 hingga 20 kasus serupa yang terjadi di Sungai Aare dalam waktu satu tahun. Banyaknya kasus orang tenggelam maupun hilang di Sungai Aare disebabkan karena lokasi tersebut merupakan tempat wisata yang banyak didatangi warga. Bukan hanya menyaksikan keindahan Sungai Aare, wisatawan biasanya berenang dan bermain di air.

"Mereka memperoleh informasi tiap tahun kejadian serupa terjadi 15-20 kasus setiap tahun. Jadi kenapa cukup banyak karena bisa disampaikan ini tempat orang berenang (wisata) jadi kasusnya 15-20 setahun," kata Muliaman saat konferensi pers virtual, Sabtu (28/5/2022).

BACA JUGA: Cendikiawan Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia

BACA JUGA: Politisi PDIP Kritisi Penunjukan Luhut Panjaitan Urus Sengkarut Minyak Goreng

Jumlah orang tenggelam membuat pemerintah setempat memberikan peringatan kepada orang yang datang. Selain lewat papan-papan peringatan yang dipasang di lokasi, pemerintah setempat juga menyediakan sarana informasi tentang suhu air hingga deras arus Sungai Aare di website resmi.

"Seperti yang saya saksikan selain warning di lokasi setiap saat kita bisa mengecek website dari pemerintah lokal bagaimana suhu air hari ini termasuk perkiraan deras arus. Jadi selalu disampaikan," ujarnya.

"Jadi memang cukup banyak informasi yang bisa diakses masyarakat. Jadi masyarakat mengacu ke sumber informasi seperti itu," lanjutnya.

Hingga saat ini, pencarian terhadap Eril yang hilang saat berenang di Sungai Aare masih terus dilakukan. Eril pertama kali dilaporkan hilang pada Kamis (26/5/2022). Ia berenang bersama adiknya Camillia Laetitia Azzahra dan temannya.

Penulis: Herlyna

Category: NASIONAL
limitnews
No Response

Comments are closed.