Tidak Dihadiri Ganjar, Rocky Gerung Sebut Deklarasi PSI Mainan Anak Kecil




Ilustrasi. Limitnews/Istimewa

10/05/2022 10:41:54

JAKARTA - Pengamat politik Rocky Gerung menyatakan, deklarasi Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak usah dihiraukan karena itu hanya mainan anak kecil.

"Ah itu ga usah dihiraukan, itu (deklarasi Ganjar Pranowo) kan mainan anak kecil," kata Rocky dilansir dari kanal youtube Rocky Gerung Official.

Dosen Universitas Indonesia tersebut mengatakan, seharusnya kalau PSI serius mengusung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024, selayaknya dihadirkan seperti Partai NasDem yang mendeklarasikan Anies Baswedan.

"Harusnya Ganjar nya dikontak dong, dan dihadirkan saat deklarasi nya. Tapi, ya sudah lah kan itu cuma permainan anak kecil. Demikian juga mba Yeni itukan disebut-sebut tuh," ujarnya.

BACA JUGA: Ricky Tambunan: Ganjar Jangan Mencla Mencle, Harus Tentukan Sikap Maju Pilpres 2024

Rocky menilai PSI masih belum tuntas bicara politik identitas yang menjadi alasan mereka menolak Anies Baswedan. 

"Mereka (PSI) itu kekurangan kemampuan untuk membaca politisasi politik identitas. Sebenarnya baik-baik saja politik identitas. Yang buruk kan politisasi politik identitas. Padahal di awal pendirian partai itu, saya pernah memberikan kuliah tentang politik identitas. Tapi ya mereka belum nyampe pemikirannya tuh jadi sulit," tandas Rocky Gerung.

NasDem Usung Anies

Sebelumnya, DPP Partai NasDem resmi mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden pada  Pilpres 2024. Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh mengumumkan secara langsung nama capres itu di Ballroom NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022) pagi.

Melalui perjalanan dan pemikiran yang cukup lama, kata dia, Partai NasDem akhirnya memutuskan mengusung Anies sebagai capres.

"Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan, pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro sejalan," ujarnya.

Sore hari, PSI mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie mengklaim bahwa terpilihnya nama Ganjar merupakan hasil forum Rembuk Rakyat yang sudah diselenggarakan sejak akhir Februari 2022.

BACA JUGA: Aksi Simpatik, Ratusan Massa BM PPP Dukung Ketua Umum Suharso Monoarfa

Ia berujar, Rembuk Rakyat ini untuk menjaring capres untuk melanjutkan kepemimpinan Joko Widodo, dilakukan oleh dewan pimpinan pusat dan pengurus daerah bertemu dengan para tokoh di daerah untuk mendengar aspirasi soal calon presiden.

"Dari hasil Rembuk Rakyat itu, kami mengumumkan bahwa Partai Solidaritas Indonesia akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PSI di tahun 2024," kata Grace dalam konferensi pers, Senin (3/10/2022) sore.

 

Penulis: Olo Siahaan

Category: NASIONALTags:
limitnews
No Response

Comments are closed.