Kejaksaan Agung Didesak Usut Proyek Rp 2,7 Triliun yang Dikerjakan PT SMJ di Kabupaten Karo

Posted by : limitnew 27 November 2023 Tags : Kejaksaan Agung , MSPI , PT SMJ

TANAH KARO – Monitoring Saber Pungli Indonesia (MSPI) mendesak Kejaksaan Agung (Kejagung) mengusut proyek Proyek Multiyears yang menelan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemprov Sumatera Utara sebesar Rp 2,7 triliun yang dikerjakan PT Sumber Mitra Jaya (SMJ), namun hingga memasuki akhir tahun 2023 terancam tidak selesai.

Selain terancam tidak selesai akhir tahun 2023 ini, proyek yang tersebar di Kabupaten Karo tersebut dikeluhkan berbagai pihak karena proyek pengerjaan peningkatan jalan, drainase, bahu jalan, Tembok Penahan Tanah (TPT) dan cor jembatan terkesan dikerjakan asal-asalan, salah satunya di Ruas 60 Baru Jahe, Kabupaten Karo.

Pasalnya, proyek di Ruas 60 tersebut pelaksanaannya tidak diawasi oleh Joni Gulo sebagai pelaksana proyek, bahkan Joni Gulo selalu tidak berada di lokasi proyek Ruas 60 tersebut. 

Sementara itu, KUPT PUPR Kabupaten Karo, Fakta ketika dikonfirmasi limitnews melalui pesan WhatsApp (WA), tidak dibalas oleh Fakta. 

“Kejaksaan Agung diminta tanggap dan gerak cepat terkait dugaan adanya kerugian keuangan negara akibat proyek di Kabupaten Karo yang dikerjakan PT Sumber Mitra Jaya dikeluhkan masyarakat dan ramai diberitakan berbagai media setempat,” kata Direktur Hubungan Antar Kelembagaan Monitoring Saber Pungli Indonesia (Dirhubag MSPI) Thomson Gultom saat dikonfirmasi limitnews, Senin (27/11/2023).

BERITA TERKAIT: Proyek Rp 2,7 Triliun Tanpa Plang di Kabupaten Karo Diduga Langgar Keterbukaan Informasi Publik

Terlabih kata Dirhubag MSPI itu, PT SMJ terindikasi telah melakukan ‘pencurian’ material pekerjaan yang seharusnya ketebalan cor beton 18 cm, tetapi di lapangan hanya 5 cm.

“Ini tidak boleh dibiarkan. Kejagung harus menyelamatkan keuangan negara, PT SMJ juga harus dinyatakan sebagai kontraktor daftar hitam atau di blakclist oleh Pemkab Karo maupun Pemprov Sumut,” tegas Thomson Gultom.

Sementara itu, Direktur PT SMJ Fitra saat dikonfirmasi limitnews, Senin (27/11/2023) baik melalui panggilan WhastApp (WA) maupun pesan WA, Fitra tidak membungkam.

BACA JUGA: MSPI Minta Kakanwil Sumsel Copot Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Muba Ahmad Aminullah

 

 

 

Penulis: Olo/Viktor

RELATED POSTS
FOLLOW US